Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Berbasis ChatGPT terhadap Kemampuan Critical Thinking dan Problem Solving Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan

Andalusia, Dyfa Maharani (2025) Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Berbasis ChatGPT terhadap Kemampuan Critical Thinking dan Problem Solving Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Full - Dyfa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (150kB)
[img] Text
PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (452kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penggunaan Artificial Intelligence (AI) khususnya ChatGPT terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah mahasiswa di Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif dengan pendekatan ex post facto. Sampel penelitian terdiri dari 207 mahasiswa Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, dengan kriteria sudah registrasi dan menggunakan AI berbasis ChatGPT selama lebih dari dua bulan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa tersebut. Penelitian ini menganalisis data menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0.9.9 untuk menguji validitas, relibilitas dan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan evaluasi nilai koefisiesn jalur > 0, yaitu sebesar 0,782 atau 78%, nilai t-statistic 18,284 > 1,96, p-values 0,000 < sign 0,010, penggunaan AI berbasis ChatGPT (X) memiliki pengaruh positif sebesar 78% dan signifikan terhadap kemampuan critical thinking (Y1) mahasiswa. Selanjutnya, berdasarkan evaluasi nilai koefisiesn jalur > 0, yaitu sebesar 0,779 atau 79% nilai t-statistic 25,816 > 1,96, p-values 0,000 < sign 0,010, penggunaan AI berbasis ChatGPT (X) memiliki pengaruh positif sebesar 79% dan signifikan terhadap kemampuan problem solving (Y2) mahasiswa. Penggunaan AI berbasis ChatGPT (X) memiliki pengaruh 78% terhadap peningkatan kemampuan critical thinking dan problem solving secara simultan pada mahasiswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: ANDALUSIA
Date Deposited: 03 Jan 2025 03:22
Last Modified: 03 Jan 2025 03:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73341

Actions (login required)

View Item View Item