Pengaruh Coercive Power dan Reward Power Kepala Sekolah terhadap Kinerja melalui Motivasi dan Kepuasan Kerja Guru SMK Negeri di Provinsi Jambi

Hidayat, Rahmat (2025) Pengaruh Coercive Power dan Reward Power Kepala Sekolah terhadap Kinerja melalui Motivasi dan Kepuasan Kerja Guru SMK Negeri di Provinsi Jambi. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (509kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan .pdf

Download (350kB)
[img] Text
Full_DISERTASI_RAHMAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh coercive power dan reward power kepala sekolah terhadap kinerja guru SMK Negeri di Provinsi Jambi, dengan motivasi dan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 3.465 orang guru SMK Negeri di Provinsi Jambi, dengan jumlah ukuran sampel yang digunakan sebanyak 341 orang guru berdasarkan penggunaan tabel Krejcie & Morgan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket tertutup dengan format skala Likert. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis partial least squares path modeling (PLS-SEM). Hasil analisis statistik membuktikan bahwa; (1) coercive power dan reward power secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi guru, (2) coercive power dan reward power secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru, (3) coercive power dan reward power secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (4) motivasi dan kepuasan kerja secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (5) coercive power dan reward power secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, melalui motivasi, dan (6) coercive power dan reward power secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, melalui kepuasan kerja. Terdapat beberapa keterbatasan dalam penelitian ini, seperti penelitian ini tidak dilakukan pada guru SMK swasta. Selain itu, model jalur yang dirumuskan juga belum terlalu kompleks. Namun demikian hasil penelitian ini memiliki implikasi terhadap upaya penggunaan coercive power dan reward power oleh kepala sekolah secara seimbang, adil, dan bijaksana agar dapat meningkatkan motivasi, kepuasan kerja, dan kinerja guru.

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: coercive power, reward power, motivasi, kepuasan kerja, kinerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: Hidayat
Date Deposited: 09 Jan 2025 00:48
Last Modified: 09 Jan 2025 00:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73804

Actions (login required)

View Item View Item