PENGEMBANGAN FILM ANIMASI ETNOMATEMATIKA KONTEKS BUDAYA JAMBI BERBASIS TPACK BERBANTU APLIKASI BLENDER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

S.Anggi, Lestari (2025) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI ETNOMATEMATIKA KONTEKS BUDAYA JAMBI BERBASIS TPACK BERBANTU APLIKASI BLENDER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS S.ANGGI LESTARI NIM.P2A922022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
COVER S.ANGGI LESTARI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN S.ANGGI LESTARI.docx.pdf

Download (278kB)
[img] Text
ABSTRAK S.ANGGI LESTARI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB I S.ANGGI LESTARI.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB V S.ANGGI LESTARI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTKA S.ANGGI LESTARI.pdf

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Film Animasi Etnomatematika dengan konteks budaya Jambi berbasis TPACK berbantuan aplikasi Blender dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kelayakan film animasi etnomatematika ini yaitu lembar angket uji validitas ahli media dan ahli materi. Responden untuk uji validitas ahli media dan ahli materi yaitu dosen diperguruan tinggi dan guru mata pelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Adapun teknik analisis instrumen pengumpulan data diperoleh dari angket validasi untuk mengukur validitas instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain Film animasi etnomatematika dari tingkat kevalidan dari aspek materi 92% (Sangat Valid), tingkat kevalidan dari aspek desain 85% (Cukup Valid), tingkat kepraktisan oleh guru 91% (Sangat Praktis) dan tingkat kepraktisan kelompok kecil 90% (Sangat Praktis) dan keefektifan untuk tes kemampuan berpikir kritis siswa dari pemberian pretest sebesar 54,01% dan terjadinya peningkatan pada saat pemberian posttest sebesar 70,03% dengan nilai N- Gain 0,3598 dengan kriteria sedang. Sehingga dapat diketahui bahwa film animasi etnomatematika konteks budaya Jambi layak digunakan sebagai sumber belajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: S. ANGGI LESTARI
Date Deposited: 10 Jan 2025 03:10
Last Modified: 10 Jan 2025 03:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74032

Actions (login required)

View Item View Item