Rahadi, Ari (2024) Uji Validitas Isi Modul Utara (Ular Tangga Bicara) dalam Meningkatkan Kemampuan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 7-8 Tahun di SDN 93/IX Tempino. S1 thesis, Universitas Jambi.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
Full Skripsi Ari Rahadi.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Skripsi.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
Abstract
UJI VALIDITAS ISI MODUL “UTARA: ULAR TANGGA BICARA” DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK DI SDN 93/IX TEMPINO 1Ari Rahadi, 2Annisa Andriani, 3Nurul Hafizah 1Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi/ rahadiari001@gmail.com 2Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi/ annisa.andriani@unja.ac.id 3Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi/ nurulhafizah@unja.ac.id ABSTRAK LATAR BELAKANG Perkembangan bahasa adalah tahapan yang penting untuk anak usia sekolah dasar, karena kemampuan berbahasa dibutuhkan untuk menjalani pembelajaran. Hambatan pada aspek perkembangan bahasa seperti belum mengenal huruf, tidak bisa mengeja, membaca serta menulis dapat mengakibatkan kesulitan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah, sehingga perlu usaha untuk meningkatkan kemampuan perkembangan bahasa salah satunya dengan menggunakan media ular tangga bicara atau disingkat dengan “UTARA”. Alasan inilah yang melatarbelakangi penyusunan modul “UTARA” untuk meningkatkan kemampuan perkembangan bahasa pada anak usia 7-8 tahun di SDN 93/IX Tempino TUJUAN Mengetahui uji validitas isi modul “UTARA” untuk meningkatkan kemampuan perkembangan bahasa pada anak usia 7-8 tahun di SDN 93/IX Tempino METODE Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis uji validitas isi modul yang menggunakan Aiken’s V sebagai teknik analisis, dimana modul dinilai oleh satu validator psikolog bidang klinis, satu validator terapis anak dan satu validator guru sekolah dasar. HASIL Penelitian ini menunjukkan hasil validasi isi modul didapat bergerak dari rentang skor 0,75 – 0,83. Hasil validasi lembar pre-post test perkembangan bahasa terdapat 6 item dengan rentang skor 0,83 hingga 1,00; dan 2 item memiliki skor 0,75. Berdasarkan hasil uji validitas isi modul “UTARA” adalah modul yang valid melalui uji validitas isi, serta diperbaiki dengan saran perbaikan dari para validator. KESIMPULAN Modul “UTARA” untuk meningkatkan kemampuan perkembangan bahasa pada anak usia sekolah dasar dapat disimpulkan sebagai modul yang valid digunakan melalui uji validitas isi. Kata Kunci: Uji Validitas Isi, modul, UTARA, kemampuan perkembangan bahasa, siswa berusia 7-8 tahun. CONTENT VALIDITY TEST OF THE "UTARA: ULAR TANGGA BICARA" MODULE IN IMPROVING LANGUAGE DEVELOPMENT SKILLS IN CHILDREN AT SDN 93/IX TEMPINO 1Ari Rahadi, 2Annisa Andriani, 3Nurul Hafizah 1Departement of Psychology, Faculty of Medicine and Health Sciences, University of Jambi / rahadiari001@gmail.com 1Departement of Psychology, Faculty of Medicine and Health Sciences, University of Jambi / annisaandriani@unja.ac.id 1Departement of Psychology, Faculty of Medicine and Health Sciences, University of Jambi / nurulhafizah@unja.ac.id ABSTRACT BACKGROUND Language development is a crucial stage for students, as language skills are essential for effective learning. Barriers in language development, such as the inability to recognize letters, spell, read, or write, can result in difficulties in following school lessons. Therefore, it is necessary to enhance language development skills using interactive media, such as "UTARA" (Ular Tangga Bicara). This rationale underlies the development of the "UTARA" module to improve language development in children aged 7-8 years at SDN 93/IX Tempino. OBJECTIVE To examine the content validity of the "UTARA" module in enhancing language development in children aged 7-8 years at SDN 93/IX Tempino. METHOD This research employs a quantitative approach focusing on content validity testing using Aiken's V as the analysis technique. The module was evaluated by a clinical psychologist, a child therapist, and a primary school teacher as validators. RESULTS The content validity test results for the module showed scores ranging from 0.75 to 0.83. For the pre-post language development test items, 6 items scored between 0.83 and 1.00, while 2 items scored 0.75. Based on these findings, the "UTARA" module is considered valid in terms of content validity, with improvements made based on feedback from the validators. CONCLUSION The "UTARA" module is validated as a reliable tool to enhance language development in children aged 7-8 years, as determined by content validity testing. Keywords: Content Validity Test, Module, UTARA, Language Development, Children Aged 7-8 Years.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Content Validity Test, Module, UTARA, Language Development, Children Aged 7-8 Years. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | RAHADI |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 03:22 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 03:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74042 |
Available Versions of this Item
-
Uji Validitas Isi Modul Utara (Ular Tangga Bicara) dalam Meningkatkan Kemampuan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 7-8 Tahun di SDN 93/IX Tempino. (deposited UNSPECIFIED)
- Uji Validitas Isi Modul Utara (Ular Tangga Bicara) dalam Meningkatkan Kemampuan Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 7-8 Tahun di SDN 93/IX Tempino. (deposited 10 Jan 2025 03:22) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |