REDESIGN UI/UX MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING DAN A/B TESTING UNTUK APLIKASI I-NUSAPLANT

Saputra, M. Ari (2024) REDESIGN UI/UX MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING DAN A/B TESTING UNTUK APLIKASI I-NUSAPLANT. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (122kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (310kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

I-Nusaplant adalah sebuah aplikasi berbasis mobile yang dapat sebagai pendeteksi jenis tanaman obat. Aplikasi I-Nusaplant di rancang oleh mahasiswa Sistem Informasi dengan memanfaatkan citra daun berbasis android. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mendeteksi tanaman obat. Kemudahan dalam mendeteksi tanaman obat menggunakan aplikasi juga harus di dukung dengan tampilan dan pengalaman pengguna yang baik. I-Nusaplant memiliki 3 menu di dalamnya yaitu Home, Deteksi, dan About. Aplikasi I-Nusaplant memiliki kekurangan setelah melakukan wawancara terhadap ahli tanaman obat, peminat tanaman obat, dan user umum. Mayoritas dari responden memilih untuk aplikasi I-Nusaplant untuk di redesign dikarenakan beberapa alasan terkait pengalaman pengguna dalam menjalankan aplikasi. Kemudahan dalam memperoleh informasi, waktu dalam beralih di setiap menu, dan beberapa fitur yang pengguna perlukan. Dalam melakukan redesign perlu adanya perancangan yang Mendalam dengan menggunakan UI/UX. Proses perancangan dalam memecahkan permasalahan dan menghasilkan kebutuhan pengguna, peneliti menggunakan metode Design Thinking untuk menghasilkan ide dalam memecahkan permasalahan pengguna. Pada tahapan analisis, dihasilkan analisis permasalahan, mencari solusi permasalahan pengguna, analisis kebutuhan pengguna. Pada tahapan perancangan, dihasilkan rancangan UI/UX yaitu informasi arsitektur, alur pengguna, dan rancangan antarmuka. Rancangan dari UI/UX ini akan diuji menggunakan tools Maze. Setelah itu, dalam membandingkan hasil desain antarmuka I-Nusaplant lama dan baru menggunakan metode A/B Testing. Metode ini bertujuan untuk melihat performa dari rancangan aplikasi yang lama dan baru.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: A/B Testing, Design Thinking, I-Nusaplant, Maze, dan Redesign
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: SAPUTRA
Date Deposited: 13 Jan 2025 04:57
Last Modified: 13 Jan 2025 04:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74102

Actions (login required)

View Item View Item