Ernawati, Anisa (2025) Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Pembelajaran di SMP Adhyaksa 1 Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text
Anisa Ernawati Skripsi (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Ernawati, Anisa, (2025). Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Pembelajaran di SMP Adhyaksa 1 Jambi: Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas jambi. Pembimbing I Dr. Mulyadi, S. Ag., M. Pd.I. Pembimbing II Yudo Handoko, M. Pd.I Kata kunci : Perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, sarana dan prasarana. Manajemen sarana dan prasarana pendidikan melibatkan serangkaian proses yang mencakup perencanaan, pengadaan, penggunaan, pengawasan, dan pemeliharaan bangunan serta peralatan yang diperlukan untuk menunjang pendidikan berkualitas tinggi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Adhyaksa 1 Jambi. Fokus utama penelitian ini adalah pada proses perencanaan, pengadaan, pemeliharaan sarana dan prasarana yang dilakukan oleh pihak sekolah. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis efektivitas penggunaan sarana dan prasarana serta hambatan yang dihadapi dalam pengelolaannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Guru, Kepala TU. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Sedangkan uji validitas data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran kepala sekolah sebagai pengawas sangat penting dalam memastikan perencanaan sarana dan prasarana berjalan akurat dan efektif. Kolaborasi tim sekolah membuat perencanaan lebih terstruktur, mendukung kualitas pembelajaran. Di SMP Adhyaksa 1 Jambi, pengadaan sarana dilakukan secara sistematis untuk memenuhi kebutuhan nyata dan meningkatkan mutu pendidikan. Pemeliharaan rutin serta melibatkan siswa dan orang tua dapat meningkatkan tanggung jawab terhadap fasilitas sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, sarana dan prasarana |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | ERNAWATI |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 04:07 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 04:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |