KESIAPAN GURU DALAM PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 185 LADANG PANJANG

Adinda Putri, Riska (2025) KESIAPAN GURU DALAM PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 185 LADANG PANJANG. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (214kB)
[img] Text
halaman persetujuan .pdf

Download (416kB)
[img] Text
halaman pengesahan .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (443kB)
[img] Text
skripsi riska.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Putri, Riska Adinda. 2024. Kesiapan Guru dalam Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS kelas IV di SDN 185 Ladang Panjang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unversitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M.Pd., (II) Risdalina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kesiapan Guru, Penilaian Auntentik, Kurikulum Merdeka, IPAS Penelitian ini berfokus pada kesiapan guru dalam penilaian autentik pada Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran IPAS kelas IV di SDN 185 Ladang Panjang. Penilaian autentik ini mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa berdasarkan pengalaman nyata mereka. Studi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode Huberman dan Saldana, yang melibatkan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan kepala sekolah telah memahami dan siap menerapkan penilaian autentik. Pelaksanaan penilaian autentik meliputi penilaian sikap, kompetensi, dan keterampilan yang dilakukan secara holistik dan berkelanjutan. Teknik penilaian yang digunakan meliputi tes tertulis, lisan, penugasan, observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, penilaian jurnal, unjuk kerja, projek, produk, dan portofolio. Penilaian ini dilakukan untuk memastikan bahwa siswa benar-benar memahami materi yang diajarkan dan dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana penilaian autentik dapat diterapkan dalam kurikulum Merdeka, khususnya dalam pembelajaran IPAS. Hal ini penting untuk memastikan bahwa siswa mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kehidupan nyata mereka.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru, Penilaian Auntentik, Kurikulum Merdeka, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Putri
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:23
Last Modified: 13 Jan 2025 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74233

Actions (login required)

View Item View Item