PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, MOTIVASI DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MAHASISWA MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Strata-1 Angkatan 2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)

Ilham Dwi Fahresi, Ade and Ridhwan, Ridhwan and Pratiwi, Heni (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, MOTIVASI DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MAHASISWA MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Strata-1 Angkatan 2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (419kB)
[img] Text
COVER ADE.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Motivasi dan Promosi terhadap minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis menggunakan produk perbankan syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Angkatan 2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi yang berjumlah 597 Mahasiswa Aktif. Sampel dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus solvin dan didapatkan sebanyak 240 responden. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Literasi Keuangan Syariah tidak berpengaruh terhadap Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Menggunakan Produk Perbankan Syariah. Sedangkan, Motivasi dan Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Menggunakan Produk Perbankan Syariah. Secara simultan Literasi Keuangan Syariah, Motivasi dan Promosi berbengaruh signifikan terhadap Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Menggunakan Produk Perbankan Syariah. Kata Kunci : Literasi Keuangan Syariah, Motivasi, Promosi, Minat. This study aims to determine and analyze the effect of Sharia Financial Literacy, Motivation and Promotion on the interest of Faculty of Economics and Business students in using Islamic banking products. The population in this study were students of the 2020 Faculty of Economics and Business, Jambi University, totaling 597 active students. The sample in this study was calculated using the Solvin formula and obtained 240 respondents. In this study a quantitative approach was used. The analysis used is multiple linear regression analysis using SPSS 26. The results showed that partially Sharia Financial Literacy had no effect on the Interest of Students of the Faculty of Economics and Business in Using Islamic Banking Products. Meanwhile, Motivation and Promotion have a significant effect on the Interest of Students of the Faculty of Economics and Business in Using Islamic Banking Products. Simultaneously Sharia Financial Literacy, Motivation and Promotion have a significant effect on the Interest of Students of the Faculty of Economics and Business in Using Islamic Banking Products. Keywords: Sharia Financial Literacy, Motivation, Promotion, Interest.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Syariah, Motivasi, Promosi, Minat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: FAHRESI
Date Deposited: 13 Jan 2025 06:47
Last Modified: 13 Jan 2025 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74333

Actions (login required)

View Item View Item