Syafitri, Hanifah Dwinanda (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS OPEN ENDED MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Syafitri, Hanifah Dwinanda. 2025. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Open Ended Menggunakan Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si. (II) Dr. Ilham Falani, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Video pembelajaran, Canva, Open Ended, Kemampuan berpikir kreatif matematis Permasalahan penelitian ini muncul dari rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik, kurangnya pemanfaatan media berbasis teknologi atau ICT, dan terbatasnya sumber belajar. Oleh karenanya diperlukan tujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis Open ended menggunakan canva sebagai alat pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 15 Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara mwnggunakan angket dan tes kemampuan berpikir kreatif .Dalam pengembangan video pembelajaran berbasis open ended menggunakan Canva untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis kelas VIII SMP dengan materi bilangan berpangkat dengan penggunaan tahap pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Design, Development dan Evaluation. Video pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan Canva dan disesuaikan dengan langkah-langkah Open ended. Berdasarkan langkah open ended ini akan berkaitan dengan indikator kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik, yang terdiri dari kelancaran (Fluency), keluwesan (Flexibility), keaslian (Originality) dan elaborasi (Elaboration). Video pembelajaran berbasis open ended menggunakan Canva untuk meningkatkan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP pada materi bilangan berpangkat memenuhi kriteria kelayakan produk karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Tingkat kevalidan video pembelajaran berbasis open ended ini adalah “sangat valid” dengan nilai validasi materi 91.25% dan validasi media sebesar 75%. Tingkat kepraktisan video pembelajaran berbasis open ended ini adalah “sangat praktis” dengan nilai praktikalitas oleh guru sebesar 100% dan oleh peserta didik 92.56%. Tingkat keefektifan video pembelajaran berbasis open ended ini dinilai “cukup efektif” dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik karena memperoleh rata-rata nilai n-gain sebesar 0,73 dengan persentase 73%
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video pembelajaran, Canva, Open Ended, Kemampuan berpikir kreatif matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SYAFITRI |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 06:46 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 06:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |