WIBAWA, DEANTI EKA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 BATANGHARI. JURNAL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 BATANGHARI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (29kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (46kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (22kB) |
Abstract
ABSTRAK Wibawa, Eka Deanti. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Hasil Blajar Siswa di SMA Negeri 2 Batnghari: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ekawarna, M.Psi. (II) Riyo Riyadi, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Teams Games Tournament, Jigsaw, Hasil Belajar. Dalam dunia pendidikan, belajar dapat dimaknai sebagai suatu proses yang menunjukkan adanya perubahan yang sifatnya positif sehingga pada tahap akhirnya akan didapat keterampilan, kecakapan, dan pengetahuan baru yang didapat dari akumulasi pengalaman dan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dirancang untuk membangun sikap kooperatif siswa adalah model pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Model pembelajaran kooperatif merupakan rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok-kelompok tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Model pembelajaran Team Game Tournament adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan. Aktivitas belajar dengan permainan yang dirancang dalam pembelajaran Kooperatif model Team Game Tournament memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kejujuran, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Batanghari. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IIS SMA Negeri 2 Batanghari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasie eksperimen) yang menggunakan teknik instrument tes pilihan ganda sehingga ditentukan sampel 67 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa paada kelas eksperimen rata-rata pretest dari pertemuan 1 sampai 6 memperoleh 256.429 sedangkan posttest dari pertemuan 1 sampai 6 memperoleh 388.47. kemudian untuk kelas kontrol pretest dari pertemuan 1 sampai 6 memperoleh rata-rata sebesar 252.194 dan posttest dari pertemuan 1 sampai 6 memperoleh rata-rata sebesar 368.918 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Teams Gamees Tournament dari pretest yang memperoleh rata rata keseluruhan 256.429 dan posttest 388.47. dan untuk kelas kontrol terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan model jigsaw untuk pretest sebesar 252.194 dan posttest memperoleh 368.99. Saran yang dapat diberikan adalah agar dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi. Model pendekatan menggunakan permainan bisa membuat proses belajar mengajar lebih menarik sehingga siswa senang untuk belajar. Dan ciptkanlah kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan para siswa betah di dalam kelas.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DEANTI EKA WIBAWA |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 03:10 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 03:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |