PENGARUH GREEN MARKET ORIENTATION DAN DIGITAL TRANSFORMATION TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GREEN UMK DENGAN GREEN INNOVATION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Putri, Qisha (2025) PENGARUH GREEN MARKET ORIENTATION DAN DIGITAL TRANSFORMATION TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GREEN UMK DENGAN GREEN INNOVATION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS QISHA FINAL 2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (460kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green market orientation dan digital transformation terhadap peningkatan kinerja green UMK, dengan green innovation sebagai variabel mediasi. Data diperoleh melalui survei terhadap pelaku UMK di Provinsi Jambi yang terdaftar di Rumah BUMN yang berjumlah 188 UMK, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green market orientation berpengaruh positif signifikan terhadap peningkatan kinerja green UMK, tetapi digital transformation berpengaruh negatif terhadap peningkatan kinerja green UMK. Green market orientation berpengaruh positif dan signifikan terhadap green innovation. Green innovation juga terbukti memainkan peran mediasi yang signifikan, menghubungkan green market orientation dan digital transformation dengan kinerja green UMK. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi strategi ramah lingkungan dan transformasi digital untuk mendukung daya saing dan keberlanjutan UMK. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pelaku UMK untuk mengintegrasikan inovasi hijau dan digitalisasi dalam strategi bisnis mereka, serta memberikan kontribusi teoritis dalam literatur keberlanjutan bisnis dan manajemen inovasi. Kata Kunci: Green Market Orientation, Digital Transformation, Green Innovation, Kinerja Green UMK

Type: Thesis (S2)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana > Manajemen
Depositing User: Qisha
Date Deposited: 14 Feb 2025 02:33
Last Modified: 14 Feb 2025 02:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75470

Actions (login required)

View Item View Item