Visualisasi Arca Bhairava Padangroco sebagai karakter utama video gim The Rise of Bhairava

Hafyz, Sandra (2025) Visualisasi Arca Bhairava Padangroco sebagai karakter utama video gim The Rise of Bhairava. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (74kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (15MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI I1C120001 HAFYZ SANDRA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI I1C120001 HAFYZ SANDRA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI I1C120001 HAFYZ SANDRA REV2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI I1C120001 HAFYZ SANDRA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI I1C120001 HAFYZ SANDRA.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAPUS SKRIPSI I1C120001 HAFYZ SANDRA REV2.pdf

Download (194kB)
[img] Text
SKRIPSI I1C120001 HAFYZ SANDRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Objek tinggalan arkeologi dapat dimanfaatkan sebagai inpirasi dalam pembuatan video gim melalui pendekatan arkeologi digital. Ilmu arkeologi digital membatu mengolah data arkeologi seperti tinggalan arca Bhairawa menjadi data tiga dimensi sehingga dapat dimanfaatkan untuk penggunaan media populer seperti video gim. Salah satu contoh pemanfaatan data arkeologi sebagai inpirasi dalam pembuatan video gim adalah video gim tomb raider dan uncharted. Penelitian ini bertujuan memanfaatkan arca Bhairawa Padangroco sebagai karakter utama dalam pengembangan video gim The rise of Bhairava. Terinspirasi dari mitologi perjalanan sang Siwa menjadi sosok Bhairawa dan sejarah temuan arca Bhairawa yang kemudian diwujudkan dalam pengembangan jalan cerita video gim. Kajian ini berusaha menginterpretasikan data arkeologi untuk kebutuhan akademis dan media kreatif seperti pembuatan video gim. Penelitian ini diharapkan dapat membantu instansi baik akademik maupun non-akademik dalam pemanfaatan data arkeologis sebagai video gim. Penelitian dilakukan melalui tahapan pengumpulan data primer dan sekunder, pengolahan data primer dan sekunder, analisis ikonografi dan ikonometri dari arca Bhairawa, visualisasi 3D model arca Bhairawa mengikuti hasil ikonografi dan ikonometri, pengembangan produk dan publikasi produk secara terbatas menggunakan google drive. Hasil dari penelitian ini menunjukan data tinggalan Arca Bhairawa Padangroco dapat dimanfaatkan menjadi gim yang menghibur sekaligus media edukatif. Namun karena keterbatasan waktu dan biaya gim “the rise of Bhairava” hanya dapat dipublikasi secara terbatas dan dapat diakses melalui google drive.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: video gim, Arca Bhairawa padangroco, arkeologi digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Arkeologi
Depositing User: Sandra
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:58
Last Modified: 24 Feb 2025 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75610

Actions (login required)

View Item View Item