Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia di Kelas 4 Sekolah Dasar

Yuniastuti, Hanifa (2025) Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia di Kelas 4 Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (653kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia di Kelas 4 Sekolah Dasar serta mengetahui kelayakan dari Bahan Ajar Elektronik Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia di Kelas 4 Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix methode). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 186/I Sridadi, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari dengan subjek yang dituju adalah guru dan peserta didik. Data ini dapat diperoleh melalui hasil angket validasi yang dinilai oleh validator yakni ahli desain, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian ahli desain mendapatkan rata-rata sebesar 92% dengan kategori sangat valid, penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata sebesar 88,3% dengan kategori sangat valid serta penilaian dari ahli bahasa mendapatkan rata-rata sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Penilaian dari respon guru mendapat rata-rata sebesar 96% dengan kategori sangat praktis dan penilaian pada uji coba kelompok kecil dilihat dari keterbacaan produk peserta didik yang telah dikembangkan dan mendapatkan rata-rata 91,8% serta penilaian dari penilaian respon pada uji coba kelompok besar mendapatkan rata-rata 94,2% dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia di Kelas 4 Sekolah Dasar secara keseluruhan layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bahan Ajar Elektronik, Berbasis Kontekstual, Kekayaan Budaya Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Yuniastuti
Date Deposited: 04 Mar 2025 06:43
Last Modified: 04 Mar 2025 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75797

Actions (login required)

View Item View Item