Romadhona, Ferry (2025) Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd) ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (851kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (833kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (851kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (52kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) ditinjau dari kecerdasan emosional mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus pada tiga siswa ADHD yang memiliki kecerdasan emosional berbeda: tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa ADHD dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, yaitu memahami masalah, merencanakan solusi, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali hasil, meskipun penjelasan mengenai strategi yang digunakan kurang detail dan terstruktur serta tidak menunjukkan pemeriksaan secara detail terhadap langkah-langkah yang telah dilakukan tetapi dapat menjelaskan kembali proses pengerjaan, memastikan kebenaran jawaban dan menyimpulkan hasil dengan benar. Sedangkan siswa ADHD dengan kecerdasan emosional rendah mengalami kesulitan dalam semua indikator pemecahan masalah matematis. Siswa tidak mampu memahami permasalahan dengan baik, kesulitan dalam merencanakan strategi penyelesaian, dan tidak dapat menerapkan strategi yang tepat dalam perhitungan. Siswa memberikan jawaban yang benar, namun siswa tidak memahami masalah dan hasil yang diperoleh. Pada tahap memeriksa kembali hasil, siswa tidak dapat merefleksi atau menyimpulkan jawaban. Temuan ini mengindikasikan bahwa kecerdasan emosional berperan penting dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ADHD. Siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam menyelesaikan soal matematis dibandingkan siswa dengan kecerdasan emosional rendah. Mathematical problem-solving ability is an essential aspect of mathematics learning, influenced by various factors, one of which is emotional intelligence. This study aims to analyze the profile of mathematical problem-solving abilities in students with Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) based on their emotional intelligence. This research uses a descriptive qualitative approach with a case study method on three ADHD students with different levels of emotional intelligence: high, moderate, and low. The results indicate that ADHD students with high and moderate emotional intelligence can meet all indicators of mathematical problem-solving ability, including understanding the problem, planning a solution, implementing the plan, and reviewing the results. However, their explanations regarding the strategies used were less detailed and structured, and they did not thoroughly examine the steps taken. Nevertheless, they could explain the problem-solving process, verify the correctness of their answers, and draw accurate conclusions. On the other hand, ADHD students with low emotional intelligence faced difficulties in all indicators of mathematical problem-solving. They struggled to understand the problem, had trouble planning a solution strategy, and could not apply the correct approach in their calculations. The student provides the correct answer, but does not understand the problem or the result obtained. When reviewing the results, the students could not reflect on or conclude their answers. These findings suggest that emotional intelligence plays a significant role in the mathematical problem-solving abilities of ADHD students. Students with high and moderate emotional intelligence showed better problem-solving skills than those with low emotional intelligence.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Kecerdasan Emosional Mathematical Problem Solving Ability, Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Emotional Intelligence |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ROMADHONA |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 07:36 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |