Analisis User Experience Aplikasi Otentikasi Taspen Pada Nasabah PT. Taspen (Persero) Cabang Jambi Dengan Menggunakan Metode Enhanced Congnitive Walkthrough

Saputri, Yosika (2025) Analisis User Experience Aplikasi Otentikasi Taspen Pada Nasabah PT. Taspen (Persero) Cabang Jambi Dengan Menggunakan Metode Enhanced Congnitive Walkthrough. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
SKRIPSI FULL_YOSIKA DIAN SAPUTRI_F1E121111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (433kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Taspen menghadirkan inovasi melalui aplikasi Otentikasi untuk mempermudah pensiunan dalam verifikasi kehadiran tanpa harus datang ke kantor setiap bulan. Namun, generasi baby boomer yang berusia ≥ 58 tahun ke atas menghadapi kesulitan dalam penggunaan aplikasi, terutama terkait user interface dan instruksi yang kurang jelas. Penelitian ini menganalisis user experience aplikasi menggunakan metode Enhanced Cognitive Walkthrough dengan lima responden pengguna baru dan merupakan nasabah PT.Taspen (persero) Cabang Jambi. Metode Enhanced Cognitive Walkthrough merupakan metode evaluasi yang berfokus pada model usability yaitu Learnability. Metode Enhanced Cognitive Walkthrough merupakan metode evaluasi user experience dimana responden diminta untuk mengerjakan tugas berbasis skenario yang telah dipersiapkan oleh peneliti. Hasil analisis mengindikasikan bahwa rata-rata tingkat permasalahan pada setiap matriks analisis berada pada tingkat rendah namun pada tugas yang sangat penting. Permasalahan paling banyak ditemukan yaitu pada task 6 (Ucapkan huruf A) yang juga memiliki nilai permasalahan tertinggi, diikuti oleh task 3 (Kedipkan mata) dan task 1 (Masukkan notas) yang menunjukkan tingkat permasalahan cukup signifikan. Dengan adanya evaluasi usability Otentikasi Taspen didapatkan 3 tampilan rekomendasi perbaikan dan 2 rekomendasi tambahan, dimana rekomendasi perbaikannya yaitu terdapat penambahan halaman petunjuk sebelum memasukkan notas, perbaikan instruksi kedipkan mata, perbaikan instruksi ucapkan huruf A, penambahan riwayat otentikasi pada halaman konfirmasi status otentikasi dan penambahan notifikasi otentikasi. Rekomendasi perbaikan dibuatkan berupa rancangan mockup sistem.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Otentikasi Taspen, User experience, baby boomer, Usability Evaluation, Enhanced Cognitive Walkthrough
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: SAPUTRI
Date Deposited: 07 Mar 2025 06:32
Last Modified: 07 Mar 2025 06:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75938

Actions (login required)

View Item View Item