Pengembangan Modul Elektronika Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Materi Sistem Analog dan Sistem Digital

Rizki, Ayu Andini Prastika (2025) Pengembangan Modul Elektronika Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Materi Sistem Analog dan Sistem Digital. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat dan memvalidasi modul pembelajaran berbasis proyek elektronika pada materi sistem analog dan digital. Pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari fase analisis, desain, dan pengembangan. Data validasi modul diperoleh melalui angket yang diisi oleh para ahli materi dan media. Hasil validasi materi menunjukkan bahwa modul ini memiliki kelayakan sebesar 91% dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil validasi media menunjukkan kelayakan sebesar 86,3% dengan kategori sangat layak. Uji coba modul dilakukan terhadap 27 mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi, dengan hasil persepsi mahasiswa terhadap modul sebesar 88,49% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, modul ini dinyatakan layak dan efektif sebagai bahan ajar tambahan dalam pembelajaran sistem analog dan sistem digital di perguruan tinggi. This study aims to develop and validate a project-based learning module on analog systems and digital systems. The method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model, which includes analysis, design, and development stages. Module validation data was obtained through questionnaires filled out by material and media experts. The material validation results show that this module has a feasibility of 91% with a very feasible category, while the media validation results show a feasibility of 86.3% with a very feasible category. The module trial was conducted on 27 Jambi University Physics Education students, with the results of student perceptions of the module amounting to 88.49% in the very good category. Based on these results, this module is declared feasible and effective as an additional teaching material in learning analog systems and digital systems in universities.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul, pengembangan, project based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rizki
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:48
Last Modified: 11 Mar 2025 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76033

Actions (login required)

View Item View Item