Pengaruh disiplin belajar,lingkungan belajar,dan variasi mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelaa X di sman 12 kotajambi

Sapitri, Cici dela (2025) Pengaruh disiplin belajar,lingkungan belajar,dan variasi mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelaa X di sman 12 kotajambi. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (110kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
SKRIPSI CICI DELA SAPITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
lembar pengesahan .pdf

Download (107kB)

Abstract

ABSTRAK Sapitri, Cici Dela. 2025. Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Variasi Mengajar Pada Guru Terhadap Hasil belajar Ekonomi Para Siswa Kelas X Pada SMAN 12 Kota Jambi. Skripsi, Prodi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. H Arpizal,M.Pd, (II) Novia Sri Dwijayanti, S.Pd,.M.Pd. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Lingkungan Belajar, Variasi Mengajar, Hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai siswa kelas X1 dan X2 pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 12 Kota Jambi yang menunjukkan mayoritas siswa di kedua kelas tersebut tidak berhasil mencapai standar kelulusan karena nilai rata�rata siswa dibawah 75 yang merupakan kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, serta lingkungan belajar, dan variasi mengajar terhadap hasil belajar siswa/i ekonomi di kelas X SMAN 12 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 12 Kota Jambi yang berjumlah 67 sebagai responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Teknik mengumpulkan data menggunakan angket, dan dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), koefisien determinasi secara simultan (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi para siswa Kelas X Pada SMAN 12 Kota Jambi, 2) lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi para siswa Kelas X Pada SMAN 12 Kota Jambi, 3) variasi mengajar pada guru tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi para siswa Kelas X Pada SMAN 12 Kota Jambi, dan 4) disiplin belajar, lingkungan belajar, dan variasi mengajar pada guru secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ekonomi para siswa Kelas X Pada SMAN 12 Kota Jambi. Kemudian dapat dilihat model summary diketahui nilai Rsquare sebesar 0,593. Nilai tersebut menunjukkan bahwa disiplin belajar, lingkungan belajar, dan variasi mengajar pada guru berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi para siswa Kelas X Pada SMAN 12 Kota Jambi sebesar 58,5 p

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: SAPITRI
Date Deposited: 11 Mar 2025 04:10
Last Modified: 11 Mar 2025 04:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76084

Actions (login required)

View Item View Item