PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DILEMA MORAL DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATA PELAJARAN PPKN KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI

ROMADHANI, SRI PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DILEMA MORAL DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATA PELAJARAN PPKN KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. JURNAL PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DILEMA MORAL DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATA PELAJARAN PPKN KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (43kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI gambar tabel lampiran.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Romadhani, Sri. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Dilema Moral dan Problem Based Learning (PBL) Mata Pelajaran PPKn Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Irwan, M.Pd., (II) Maryatun Kabatiah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, Dilema Moral, Problem Based Learning (PBL) Belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian aktivitas guru dan siswa sebagai hubungan timbal balik. Interaksi dalam proses belajar mengajar tidak sekedar interaksi antara guru dan siswa saja, namun berupa interaksi edukatif. Dalam proses pembelajaran ada beberapa permasalahan yang dapat ditemukan pada siswa, diantaranya siswa kurang aktif atau hanya sebagian siswa yang aktif dalam kelas, kemampuan siswa masih pada tingkat hapalan, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rata-rata dibawah standar pada pelajaran PPKn. Ada banyak cara yang harus dilakukan oleh guru salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran dilema moral dan problem based learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran dilema moral dan problem based learning mata pelajaran PPKn kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan bentuk desain True Eksperimental Design yang digunakan, yaitu Posttest-Only Control Design yang dilakukan di SMA Negeri I Muaro Jambi di kelas X MIPA semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 pada tanggal 27 Agustus s.d 29 September 2018. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen I (72,05) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen II (65,19) dan pada uji-t diperoleh nilai bahwa thitung = 1,715 dan ttabel = 1,6669. Jadi, nilai thitung > ttabel (1,715 > 1,6669). Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran dilema moral dan problem based learning mata pelajaran PPKn kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PPKn yang signifikan antara yang menggunakan model pembelajaran dilema moral dengan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri I Muaro Jambi. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa kelas dengan menggunakan model pembelajaran dilema moral lebih tinggi meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Untuk penelitian ini lebih lanjut, disarankan kiranya untuk diteliti pada pokok bahasan yang lain dan dalam ruang lingkup yang lebih luas.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SRI ROMADHANI
Date Deposited: 08 Apr 2019 06:09
Last Modified: 08 Apr 2019 06:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7612

Actions (login required)

View Item View Item