Nurhasanah.S, Yana (2019) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurhasanah.S, Yana. 2019. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd dan (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pemahaman konsep, pendekatan pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini didasari oleh rendahnya pemahaman konsep bangun datar peserta didik di kelas IV C SD Negeri No. 34/I Teratai setelah melakukan observasi dan kolaborasi dengan guru kelas. Berdasarkan penjelasan guru kelas, peserta didik masih bingung ketika diberi soal tetapi peserta didik tidak bisa mengerjakan karena peserta didik tidak paham konsep matematika yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dalam meningkatkan pemahaman konsep Bangun Datar peserta didik kelas IV C SD Negeri No. 34/I Teratai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang membahas tentang bagaimana penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dalam meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Peserta Didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan prosedur diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV C SD Negeri No. 34/I Teratai yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 8 peserta didik perempuan dan 15 peserta didik laki-laki. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I mengenai hasil observasi pemahaman konsep Bangun Datar yaitu sebesar 44,93% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 70,66%. Hasil evaluasi tes tertulis dengan ketuntasan klasikal 43,48% pada siklus I, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 78,26%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik memiliki peran dalam meningkatkan pemahaman konsep bangun datar peserta didik di kelas IV C SD Negeri No. 34/I Teratai.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | YANA NURHASANAH.S |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 06:42 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 06:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |