TINGKAT KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

., yulyani (2019) TINGKAT KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER[1].pdf

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN_PENGESAHAN[1].pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_ISI[1].pdf

Download (21kB)
[img] Text
BAB_I[1].pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB_V[1].pdf

Download (144kB)

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman merupakan suatu kegiatan membaca untuk memahami isi bacaan. Membaca pemahaman terdiri dari empat tingkatan yakni tingkat literal, interpretatif, kritis, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SD Negeri No.34/I Teratai pada tingkat literal, interpretatif, kritis dan kreatif tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No. 34/I Teratai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian di peroleh dengan menggunakan tes kemampuan membaca pemahaman yang di berikan kepada siswa dengan menggunakan validitas isi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SD Negeri No. 34/I Teratai pada tingkat literal di peroleh skor rata-rata sebesar 73,1 pada kategori tinggi, tingkat interpretatif di peroleh skor rata-rata sebesar 44,83 pada kategori rendah, tingkat kritis diperoleh skor rata-rata nilai sebesar 33,99 pada kategori sangat rendah dan tingkat kemampuan membaca pemahaman kreatif di peroleh skor rata-rata sebesar 35,22 pada kategori sangat rendah. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VB SD Negeri No.34/I Teratai berada pada kategori rendah, artinya siswa belum mampu memahami isi bacaan dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YULYANI
Date Deposited: 11 Apr 2019 01:38
Last Modified: 11 Apr 2019 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7668

Actions (login required)

View Item View Item