Rafel, Giltri Songia (2025) EVALUASI USABILITY PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (SIAKADEKA) UNIVERSITAS JAMBI MENGGUNAKAN METODE COGNITIVE WALKTHROUGH. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
f1e119016 - skripsi full text.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
f1e119016 - cover.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
f1e119016 - pernyataan, pengesahan.pdf Download (651kB) |
![]() |
Text
f1e119016 - abstrak.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
f1e119016 - bab I.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
f1e119016 - bab V.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
f1e119016 - daftar pustaka.pdf Download (119kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan dan mengetahui hasil evaluasi usability pada Sistem Informasi Akademik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (SIAKADEKA) Universitas Jambi menggunakan metode cognitive walkthrough. Enhanced cognitive walkthrough merupakan perkembangan terbaru dari metode cognitive walkthrough yang digunakan dalam penelitian ini dengan beberapa peningkatan di dalamnya berupa penilaian tugas, pemeringkatan dan kategorisasi permasalahan, serta kompilasi hasil dalam bentuk matriks. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan 5 orang mahasiswa aktif Universitas Jambi yang berpengalaman menggunakan SIAKADEKA dan mengikuti kegiatan MBKM Non-PMM sebagai pengguna representatif SIAKADEKA. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat permasalahan serius pada tugas-tugas penting yang menghambat pengguna mencapai tujuan penggunaan SIAKADEKA. Tugas-tugas penting tersebut di antaranya berasal dari kurangnya visibilitas fungsi sehingga partisipan tidak dapat mengidentifikasi kesalahan ketik saat memasukkan password pada tugas 1 yang merupakan jenis permasalahan T (Text & Icon), tampilan visual sistem yang menyebabkan pengguna kebingungan dengan pilihan yang sesuai antara program yang diikuti dengan pilihan program pada antarmuka yang ditampilkan pada tugas 2 dengan jenis permasalahan jenis permasalahan T (Text & Icon), dropdown yang hanya menampilkan satu pilihan periode program pada tugas 3 dengan jenis permasalahan yang sama, serta terdapat juga permasalahan yag muncul akibat dari pengetahuan pengguna itu sendiri pada tugas 5 dan 6 dengan jenis permasalahan U (User). Selain itu, terdapat permasalahan usability lainnya pada SIAKADEKA baik pada tugas yang penting maupun tidak begitu penting. Sebagai gambaran untuk memahami preferensi pengguna, rekomendasi perbaikan diidentifikasikan untuk setiap masalah dari hasil evaluasi yang dilakukan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Usability, Sistem Informasi Akademik, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, SIAKADEKA, Cognitive Walkthrough |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Rafel |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 04:20 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 04:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |