PENGARUH PROFESIONALISME APARATUR PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAMBI TAHUN 2024

Anggana Mahisa, Abin Arya (2025) PENGARUH PROFESIONALISME APARATUR PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAMBI TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skrispi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Halaman Pesetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (773kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (131kB)

Abstract

Profesionalisme merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pelaksanaan pelayanan publik yang dapat diukur melalui tingkat kepuasan masyarakat dengan indikator Kemahiran, Kesiapan, Tanggung Jawab, Disiplin, Sikap Pegawai. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh profesionalisme terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi dan mengetahui faktor apa yang paling dominan mempengaruhi kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan masyarakat yang pernah menerima pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Model analisis yang digunakan adalah analisa statistika yaitu analisa regresi linier berganda dengan pembuktian hipotesis melalui uji-T untuk membuktikan pengaruh antara Kemahiran, Kesiapan, Tanggung Jawab, Disiplin, Sikap Pegawai.terhadap kepuasan masyarakat secara parsial dan uji-F untuk membuktikan pengaruh antara Profesionalisme terhadap kepuasan masyarakat secara simultan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS versi 27. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa variabel independen profesionalisme (Kemahiran, Kesiapan, Tanggung Jawab, Disiplin dan Sikap Pegawai) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat dan secara parsial semua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat kecuali variabel profesionalisme (kemahiran) yang secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Kemudian variabel yang paling dominan berpengaruh adalah variabel Tanggung Jawab, yaitu kesadaran aparatur pelayanan publik terhadap tugasnya sebagai penyelenggara pelayanan publik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Mahisa
Date Deposited: 16 Apr 2025 01:50
Last Modified: 16 Apr 2025 01:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77324

Actions (login required)

View Item View Item