Luthfi, M. Lucky (2025) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM BERBELANJA ONLINE DI KOTA JAMBI (Studi Kasus RumahTangga di Perumahan Angkasa Pura Jambi). S1 thesis, Ekonomi Pembangunan.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM BERBELANJA ONLINE DI KOTA JAMBI (Studi Kasus Ru.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (481kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara masyarakat dalam melakukan transaksi ekonomi. e- commerce menjadi fenomena global yang mengubah paradigma bisnis dari pasar tradisional menjadi pasar digital. Di Indonesia, pertumbuhan e-commerce menunjukkan tren positif, terutama selama masa pandemi Covid- 19 yang memaksa masyarakat beralih ke platform digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya bagi warga perumahan Angkasa Pura Jambi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi dan ekonomi keluarga yang bertempat tinggal di Perumahan Angkasa Pura Jambi, dan untuk menganalisis pengaruh nilai pendapatan, nilai harga, iklan, frekuensi serta kepercayaan dalam perilaku konsumen dalam belanja online. Jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel berjumlah 50 orang yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Pendekatan yang digunakan untuk menjawab pertanyaan pertama dari rumusan masalah adalah dengan menggunakan distribusi frekuensi, sedangkan untuk menjawab pertanyaan kedua, digunakan teknik analisis regresi berganda yang menggunakan software statistik SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam range satu bulan, responden dengan jumlah 50 orang dengan mayoritas perempuan, dengan rata – rat berusia 27 tahun, mayoritas bekerja sebagai non - asn, dengan pendapatan bulanan antara 3 sampai 4 juta. Responden rata – rata pembelian kurang dari 1 juta untuk belanja online, kecenderungan membeli barang non-pangan sebanyak 3-5 unit per bulan. Rata – rata pembelian per bulan kurang dari 100 ribu. Iklan menjadi pengaruh terbesar dalam keputusan belanja online. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pendapatan terhadap perilaku konsumen. variabel lainnya berpengaruh terhadap perilaku konsumen warga Perumahan Angkasa Pura Jambi dalam berbelanja online. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Belanja Online, Pendapatan, Harga, Frekuensi, Kepercayaan, Iklan, e-commerce.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Luthfi |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:07 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77584 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |