Sari, Purnama (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUSY BOARD TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI 15 MENDALO. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK sari.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB I sari.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB V sari.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
COVER sari.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA sari.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
REVISI SETELAH SIDANG SARI 1 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan sari.pdf Download (305kB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan di lapangan, perkembangan motorik halus anak masih belum optimal. Pembelajaran yang dilakukan guru, yang hanya menggunakan plastisin dan kertas sebagai media, belum sepenuhnya mendukung perkembangan mototik halus. Anak-anak terlihat kesulitan saat menggambar, mewarnai, dan terutama saat menulis, terlihat dari kesulitan mereka menggenggam alat tulis seperti pensil dan krayon. Bahkan dalam kegiatan menirukan bentuk, menempel, menyusun, dan menggunting pola sederhana, atau meremas dan membentuk plastisin, beberapa anak masih belum mampu mengkoordinasikan gerakan mata, tangan, dan seluruh tubuh secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh penggunaan media busy board terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan desain pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak di TK Negeri 15 Mendalo Muaro Jambi, berjumlah 11 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Busy Board berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak. Nilai t hitung (31,894) jauh lebih besar daripada nilai t tabel (2,228), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan interprestasi kuat dengan nilai (4,41) yang berada pada rentang > 1,00 mengindikasikan efek yang sangat kuat (strong effect). Oleh karena itu, media Busy Board sangat efektif dan direkomendasikan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Busy board, Kemampuan Motorik Halus |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PURNAMA SARI |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:14 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |