Pengaruh Literasi Digital dan Strategi Bisnis Online To Offline (O2O) terhadap Business Sustainability di Era Digital dengan Employee Creativity sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada UMKM Mitra Marketplace Parto.Id)

Jihan, Salsandra (2025) Pengaruh Literasi Digital dan Strategi Bisnis Online To Offline (O2O) terhadap Business Sustainability di Era Digital dengan Employee Creativity sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada UMKM Mitra Marketplace Parto.Id). S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS SALSANDRA JIHAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Literasi Digital, Strategi Bisnis Online to Offline (O2O), dan Employee Creativity terhadap Business sustainability pada UMKM yang bermitra dengan marketplace Parto.id di Kota Jambi, dengan Employee Creativity sebagai variabel mediasi. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan teknik purposive sampling pada 88 responden. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui SmartPLS 4.0 untuk menguji validitas outer model dan hubungan antar variabel pada inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Literasi Digital tidak berpengaruh langsung terhadap Business sustainability, namun memiliki pengaruh signifikan melalui mediasi Employee Creativity. Sementara itu, Strategi Bisnis O2O berpengaruh positif dan signifikan baik secara langsung maupun melalui mediasi Employee Creativity. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan literasi digital dan kreativitas karyawan sebagai kunci keberhasilan strategi O2O untuk meningkatkan keberlanjutan bisnis UMKM di era digital. Kata Kunci : Literasi Digital, Strategi Bisnis Online to Offline (O2O), Business sustainability, Employee Creativity, UMKM, Marketplace, Parto.id.

Type: Thesis (S2)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen
Depositing User: Salsandra Jihan
Date Deposited: 08 May 2025 06:42
Last Modified: 08 May 2025 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78097

Actions (login required)

View Item View Item