Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis STEM-PjBL menggunakan Google Sites pada Materi Termokimia di SMA

Simarmata, Sesilia Readywati (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis STEM-PjBL menggunakan Google Sites pada Materi Termokimia di SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
sampul.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (126kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (267kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Termokimia merupakan salah satu materi kimia di tingkat SMA yang mempelajari perubahan energi dalam bentuk kalor yang menyertai reaksi kimia dan perubahan fase zat. Materi ini sering dianggap sulit oleh peserta didik karena bersifat abstrak, melibatkan proses perhitungan, serta reaksi kimia yang memerlukan pemahaman mendalam. Kondisi ini menunjukkan perlunya inovasi media pembelajaran yang memberikan ruang eksplorasi mandiri untuk meciptakan pembelajaran bermakna. Melalui model STEM-PjBL, peserta didik didorong untuk terlibat aktif mengeksplorasi materi secara mandiri melalui kegiatan proyek yang relevan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis STEM-PjBL menggunakan Google Sites pada materi Termokimia, serta mengetahui tingkat kelayakannya secara konseptual, penilaian oleh guru, dan respons peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar lembar wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta dinilai oleh guru dan diuji cobakan kepada peserta didik melalui uji coba satu-satu dan kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis STEM-PjBL menggunakan Google Sites pada materi Termokimia dinyatakan “sangat layak” berdasarkan hasil validasi ahli materi dengan rerata skor 4,62 dan ahli media dengan rerata skor 4,75. Penilaian guru terhadap media pembelajaran memperoleh skor 4,82, dengan kategori "sangat baik", dan respons peserta didik pada uji coba satu-satu mencapai 89,4%, sementara uji coba kelompok kecil mencapai 88,7%, keduanya termasuk dalam kategori "sangat baik". Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis STEM-PjBL menggunakan Google Sites yang dikembangkan layak secara konseptual dan memperoleh nilai kepraktisan yang baik dari penilaian guru. Media ini juga dapat digunakan pada semua tingkat kemampuan kognitif peserta didik serta mendapatkan respons yang sangat baik dari peserta didik. Thermochemistry is one of the chemistry topics taught at the senior high school level that studies energy changes in the form of heat accompanying chemical reactions and phase changes of substances. This topic is often considered difficult by students because it is abstract in nature, involves calculation processes, and includes chemical reactions that require deep understanding. This condition indicates the need for innovative learning media that provide opportunities for independent exploration in order to create meaningful learning experiences. Through the STEM-PjBL model, students are encouraged to actively explore the material independently through project-based activities relevant to real-life contexts. This study aims to develop an interactive learning media based on STEM-PjBL using Google Sites for the topic of Thermochemistry and to determine its feasibility in terms of conceptual quality, teacher evaluation, and student responses. This is a development research employing the Lee & Owens development model. The instruments used in this study include interview guidelines and questionnaires. The developed product was validated by subject matter experts and media experts, assessed by a teacher, and tested on students through one-on-one and small group trials. Data analysis techniques used were both qualitative and quantitative. The results of this study indicate that the interactive learning media based on STEM-PjBL using Google Sites for the topic of Thermochemistry is considered "highly feasible," as shown by the average score of 4.62 from the material expert and 4.75 from the media expert. Teacher evaluation of the learning media resulted in a score of 4.82, classified as "very good," while student responses during the one-on-one trial reached 89.4% and the small group trial reached 88.7%, both falling under the "very good" category. Based on these results, it can be concluded that the interactive learning media based on STEM-PjBL using Google Sites is conceptually feasible, has good practicality based on teacher evaluation, can be used across various cognitive ability levels of students, and received highly positive responses from students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, STEM-PjBL, Google Sites, dan Termokimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: SIMARMATA
Date Deposited: 14 May 2025 07:55
Last Modified: 14 May 2025 07:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78326

Actions (login required)

View Item View Item