Juliana, Endang (2025) Implementasi Pembelajaran Berbasis Active Deep Learner Experience (ADLX) Dengan Pendekatan Terpadu Pada Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
TESIS ENDANG JULIANA (P2A623031) MAPENDAS 2025 TESIS FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER TESIS ENDANG.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SURAT PENGESAHAN TESIS.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB I TESIS ENDANG.pdf Download (440kB) |
![]() |
Text
BAB V TESIS ENDANG.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA TESIS ENDANG.pdf Download (242kB) |
Abstract
Juliana, Endang. 2025. Implementasi Pembelajaran Berbasis Active Deep Learner Experience (ADLX) Dengan Pendekatan Terpadu Pada Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Magister Pendidikan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Bunga Ayu Wulandari, S.Pd. M.EIL., Ph.D., (II) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd. M.Pd Pendidikan nasional menginginkan adanya pembelajaran yang memberikan pengalaman belajar menyeluruh baik secara akademis hingga spiritual peserta didik, salah satu desain pembelajaran yang tepat adalah pembelajaran berbasis Active Deep Learner Experience (ADLX) dengan Pendekatan TERPADU. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan serta tidak lanjut dari implementasi pembelajaran berbasis Active Deep Learner Experience (ADLX) dengan pendekatan TERPADU pada pelajaran IPAS di Kelas III. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan data dokumen. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas III sudah mengimplementasikan pembelajaran berbasis Active Deep Learner Experience (ADLX) dengan Pendekatan TERPADU pada Pelajaran IPAS kelas III. Implementasi ADLX Terpadu terdiri dari perencanaan pelaksanaan serta tindak lanjut dari kegiatan evaluasi penerapannya. Guru sudah menerapkan seluruh tahapan TERPADU yakni Telaah, Eksplorasi, Rumuskan, Presentasikan, Aplikasikan, Duniawi dan Ukhrowi dalam pelajaran IPAS kelas III dan menghasilkan pembelajaran siswa aktif (active), pembelajaran mendalam (deep), siswa terjun langsung pada setiap proses pembelajaran (learner) serta memberikan pengalaman belajar yang menyeluruh (experience). Selain itu pembelajaran IPAS kelas III bukan hanya terpaku pada materi IPAS saja, namun aplikasi, duniawi dan ukhrowi dari setiap kegiatan pada pembelajaran IPAS dan dapat meningkatkan akhlak dan pengetahuan ke-Islaman setiap peserta didik. Kata Kunci : ADLX, TERPADU, IPAS, Pendekatan
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Endang Juliana |
Date Deposited: | 15 May 2025 02:43 |
Last Modified: | 15 May 2025 02:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |