Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Fungsi di Kelas VIII SMP

Sari, Indah and Huda, Nizlel and Winarni, Sri (2025) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Fungsi di Kelas VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (231kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (768kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terhadap materi yang sedang dipelajari. Siswa masih sering merasa kesulitan dalam memecahkan masalah matematika yang kompleks. Penyajian soal dan materi yang jauh dari contoh contoh nyata serta kurangnya perhatian terhadap karakterisitk siswa yang berbeda- beda menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning Learning lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan dengan penerapan Direct Instruction pada Materi Fungsi di kelas VII SMP N 9 Kota Jambi. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP N 9 Kota Jambi dengan posttest only control group design dan sampel terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara acak dengan teknik pengambilan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran dan posttest berupa lembar tes kemampuan akhir terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil tes dalam penelitian ini berupa hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran aktivita siswa dan hasil tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Analisis data yang dilakukan menggunakan uji normalitas dan homogenitas serta dilanjutkan dengan uji T. berdasarkan uji T yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan dengan penerapan Direct Instruction yang didasarkan pada nilai signifikansi one tailed sebesar < 0,001, yang mana nilai tersebut lebih kecil dari pada nilai signifikansi yang telah ditentukan, yaitu 0,05

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: INDAH SARI
Date Deposited: 21 May 2025 06:52
Last Modified: 21 May 2025 06:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78548

Actions (login required)

View Item View Item