PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V. B SD NEGERI 151/IV KOTA JAMBI

Oktavia, Gessy Frischa (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V. B SD NEGERI 151/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 1 (1).pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
FINAL TESIS GESSY FRISCHA OKTAVIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Oktavia, Gessy Frischa: 2025. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pembelajaran Project Based Learning pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V B Di SD Negeri 151/IV Kota Jambi. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Dasar. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar. Pembimbing I Prof. Dra. Nazurty, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Eka Sastrawati, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Project Based Learning, Bahasa Indonesia Salah satu tantangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah adalah kurangnya keterampilan berbicara siswa yang disebabkan oleh metode pengajaran yang kurang variatif. Banyak guru masih menggunakan metode tradisional yang tidak mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar, sehingga siswa kesulitan dalam mengekspresikan ide dan pendapat mereka secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning dan metode show and tell dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V B SD Negeri 151/IV Kota Jambi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V B yang terdiri dari 14 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PJBL secara signifikan meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Data pretest menunjukkan persentase sebesar 32%, sedangkan rata-rata hasil posttest pada siklus I mencapai 76% dan pada siklus II mencapai 83%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa mengalami kemajuan yang signifikan setelah penerapan model pembelajaran ini, mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan yaitu 80%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Project Based Learning dan metode show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V B SD Negeri 151/IV Kota Jambi. Disarankan agar guru menerapkan model PJBL dalam proses pembelajaran untuk mengoptimalkan keterampilan berbicara siswa dan untuk penelitian selanjutnya, perlu dilakukan penelitian pada topik bahasan lain. Oktavia, Gessy Frischa: 2025. Improving Speaking Skills Through Project Based Learning in Indonesian Language Subjects for Fifth Grade Students at SD Negeri 151/IV Kota Jambi. Thesis. Master’s Program in Basic Education. Department of Early Childhood and Elementary Education. Supervisor I Prof. Dra. Nazurty, M.Pd and Supervisor II Dr. Eka Sastrawati, M.Pd. Keywords: Speaking Skills, Project Based Learning, Indonesian Language One of the challenges in teaching the Indonesian language in schools is the lack of speaking skills among students, which is caused by less varied teaching methods. Many teachers still use traditional methods that do not encourage active student engagement in the learning process, making it difficult for students to express their ideas and opinions verbally. This study aims to determine the implementation of the Project Based Learning model and show and tell method in improving students' speaking skills in Indonesian language subjects for fifth grade students at SD Negeri 151/IV Kota Jambi.The method used in this research is Classroom Action Research (CAR) with a spiral model by Kemmis and McTaggart, consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection was conducted through observation, tests, and documentation. The subjects of this study were 25 fifth grade students consisting of 14 boys and 11 girls. The results indicate that the application of the PJBL model significantly improves students' speaking skills. The pretest data showed a percentage of 32%, while the average posttest results in cycle I reached 76% and in cycle II reached 83%. This improvement demonstrates that students' speaking skills progressed significantly after the implementation of this learning model, achieving the expected completion criteria of 80%. The conclusion of this study is that the application of the Project Based Learningmodel can enhance students' speaking skills in Indonesian language subjects for fifth grade students at SD Negeri 151/IV Kota Jambi. It is recommended that teachers implement the PJBL model in the learning process to optimize students' speaking skills and for future research, it is suggested to explore other topics.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Project Based Learning, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: GESSY FRISCHA OKTAVIA
Date Deposited: 02 Jun 2025 06:30
Last Modified: 02 Jun 2025 06:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78821

Actions (login required)

View Item View Item