PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN GOOGLE SITES BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI HIDROKARBON

Mardhiyah, Rizky (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN GOOGLE SITES BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI HIDROKARBON. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL_RIZKY MARDHIYAH A1C121068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran interaktif sangat efektif diterapkan selama proses pembelajaran kimia karena dapat membantu meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa dengan mengizinkan siswa untuk mengeksplorasi pemahaman mereka secara mandiri. Materi hidrokarbon merupakan materi yang cukup kompleks yang menuntut siswa untuk memiliki keterampilan menghafal, memahami, dan menghitung. Pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) merupakan suatu pendekatan pada pembelajaran kimia yang menghubungkan pembelajaran kimia dengan benda atau fenomena nyata pada kehidupan sehari-hari, selain itu siswa juga diberi kesempatan untuk mempelajari proses mengolah suatu bahan menjadi produk yang berguna dan memiliki nilai ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan secara konseptual menurut para ahli media dan ahli materi serta mengetahui kelayakan secara prosedural menurut penilaian guru dan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif menggunakan Google Sites berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada materi hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Lee & Owens (2004). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif berdasarkan komentar dan saran, serta analisis data kuantitatif berdasarkan rata-rata skor jawaban dan persentase. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran interaktif menggunakan Google Sites berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada materi hidrokarbon mendapatkan hasil kelayakan ahli media sebesar 4,53 (sangat layak), ahli materi sebesar 4,25 (sangat layak), penilaian guru sebesar 4,64 (sangat layak), uji coba satu-satu sebesar 94,4% (sangat layak), dan uji coba kelompok kecil sebesar 90,5% (sangat layak). Berdasarkan hasil pengembangan dan penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan Google Sites berorientasi Chemo-Entrepreneurship pada materi hidrokarbon layak secara konseptual dan prosedural sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran kimia yang dapat membantu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Hidrokarbon, Chemo-Entrepreneurship
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: RIZKY MARDHIYAH
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:08
Last Modified: 12 Jun 2025 03:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79257

Actions (login required)

View Item View Item