Sobiyati, Putri (2025) Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Terhadap Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Sungai Rengas Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batang Hari. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Sobiyati, Putri. 2025. Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Terhadap Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Sungai Rengas Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batang Hari: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dra. Kasmiati, M.Pd., (II) Asih Nur Ismiatun, M.Pd. Kata Kunci: Media Papan Flanel, Kemampuan Berfikir Simbolik Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan berfikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Sungai Rengas Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batang Hari masih belum berkembang secara optimal. Hal ini dibuktikan pada saat observasi dikelas B1 terdapat sebagian besar anak masih kesulitan dalam menyebutkan lambang bilangan 1-10 anak masih belum lancar atau membutuhkan waktu yang lama untuk berfikir ketika menyebutkan lambang bilangan secara berurutan dan mencocokkan sebuah gambar dengan bilangan. Kemudian ada juga anak yang masih belum mampu dalam mengenal mana huruf vokal dan konsonan. Media untuk mengembangakan kemampuan berfikir simbolik anak dikelas tersebut kurang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Pretest Postest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini 32 anak dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa thitung>ttabel yaitu 7,627>2,120 pada taraf signifikan α=0,05 hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media papan flanel terhadap kemampuan berfikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Sungai Rengas Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batang Hari. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan media papan flanel dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini disekolah dalam meningkatkan kemampuan berfikir simbolik anak. Sobiyati, Putri. 2025. The Effect of Using Flannel Board Media on the Symbolic Thinking Ability of 5-6 Year Old Children at Sungai Rengas State Kindergarten, Maro Sebo Ulu District, Batang Hari Regency: Thesis, Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Early Childhood and Elementary Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University, Supervisors (1) Dra. Kasmiati, M.Pd., (II) Asih Nur Ismiatun, M.Pd. Keywords: Flannel Board Media, Symbolic Thinking Ability This research is based on the results of observations by researchers in the field which show that the symbolic thinking skills of children aged 5-6 years in Sungai Rengas State Kindergarten, Maro Sebo Ulu District, Batang Hari Regency have not yet developed optimally. This is evidenced by observations in class B1, where most children still have difficulty in mentioning the symbols of numbers 1-10, children are still not fluent or need a long time to think when mentioning number symbols in sequence and matching a picture with a number. Then there are also children who are still unable to recognize which letters are vowels and consonants. The media for developing children's symbolic thinking skills in this class is less varied. This type of research is quantitative with experimental methods. The design used in this study is Quasi Experimental Design with the form of Pretest Posttest Control Group Design. The population in this study was 32 children and the sample in this study was 16 children. The sampling technique used in this study was purposive sampling. The instrument used was an observation sheet. The data analysis technique used in this study was the normality test, homogeneity test and hypothesis test. The results of the study prove that t count>t table, namely 7.627>2.120 at a significant level of α = 0.05, this means that there is a significant influence of the use of flannel board media on the symbolic thinking skills of children aged 5-6 years at Sungai Rengas State Kindergarten, Maro Sebo Ulu District, Batang Hari Regency. Thus, it can be concluded that the use of flannel board media can be used in early childhood learning at school to improve children's symbolic thinking skills.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flannel Board Media, Symbolic Thinking Ability |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Sobiyati |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 02:36 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 02:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |