Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Pengelolaan Sarana Prasarana Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Taruna Indonesia Jambi

Simangunsong, Taruna Christofer (2025) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Pengelolaan Sarana Prasarana Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Taruna Indonesia Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (215kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text
TARUNA CHRISTOFER SIMANGUNSONG_SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, di mana keberhasilan proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh peran guru dan sarana prasarana yang tersedia di sekolah. Guru sebagai ujung tombak pelaksana pendidikan diharapkan memiliki kompetensi pedagogik yang baik, sementara ketersediaan dan pengelolaan sarana prasarana yang memadai turut menunjang terciptanya proses belajar mengajar yang efektif sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan pengelolaan sarana prasarana terhadap prestasi belajar siswa di SMK Taruna Indonesia Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS versi 27 dengan uji regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XI yang berjumlah 68 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang terdiri dari tiga variabel: Kompetensi Pedagogik Guru (X1), Pengelolaan Sarana Prasarana (X2), dan Prestasi Belajar Siswa (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan hasil nilai thitung2,937 sedangkan ttabel 1,997 diperoleh hasil bahwa 2,937 > 1.997 maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Pengelolaan sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dengan nilai thitung 3,244 sedangkan ttabel 1,997 diperoleh hasil bahwa 3,244 > 1,997 maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. Terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru dan pengelolaan sarana prasarana terhadap prestasi belajar siswa sebesar 20,4%, sisanya 79,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Sarana Prasarana, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: SIMANGUNSONG
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:35
Last Modified: 12 Jun 2025 03:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79601

Actions (login required)

View Item View Item