ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN BERBASIS TAKSONOMI BLOOM PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 153/X HARAPAN MAKMUR

Rosmawati, Eka (2025) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN BERBASIS TAKSONOMI BLOOM PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 153/X HARAPAN MAKMUR. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
EKA ROSMAWATI TESIS ANALISIS BUTIR SOAL KOGNITIF BERBASIS HOTS FIX BANGET LOH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Rosmawati, Eka. 2025. Analisis Butir Soal Ulangan Harian Berbasis Taksonomi Bloom pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 153/X Harapan Makmur. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Bunga Ayu Wulandari, S.Pd., M. EIL., Ph.D (II) Dr. Atri Widowati, S. Pd., M.Or Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal ulangan harian mata pelajaran IPAS kelas V di SDN 153/X Harapan Makmur berdasarkan kerangka Taksonomi Bloom. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan desain concurrent embedded, yang menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi soal, kunci jawaban, dan wawancara dengan guru. Sebanyak 20 butir soal dianalisis berdasarkan tingkat kesukaran, daya pembeda, aspek materi, konstruksi, bahasa, serta level kognitif. Hasil analisis menunjukkan bahwa 100% soal memenuhi aspek materi dan konstruksi, sedangkan 95% soal memenuhi aspek bahasa dengan 1 soal perlu diperbaiki secara kebahasaan. Berdasarkan level kognitif, 10% soal berada pada level C1 (Mengingat), 45% C2 (Memahami), 25% C3 (Menerapkan), 10% C4 (Menganalisis), 10% C5 (Mengevaluasi), dan 0% C6 (Mencipta), yang menunjukkan belum adanya soal yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi tertinggi. Temuan juga menunjukkan bahwa 80% guru belum pernah melakukan analisis soal secara sistematis. Penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun dan mengevaluasi soal sesuai dengan Taksonomi Bloom guna mendukung pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, khususnya dalam pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka. Kata Kunci: Analisis Butir Soal, Taksonomi Bloom, IPAS, HOTS, LOTS, Kualitas soal

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Taksonomi Bloom, IPAS, HOTS, LOTS, Kualitas soal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: EKA ROSMAWATI
Date Deposited: 12 Jun 2025 04:51
Last Modified: 12 Jun 2025 04:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79638

Actions (login required)

View Item View Item