LKPD Berbasis Modifikasi Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Topik A Bagian Tubuh Tumbuhan di Sekolah Dasar

Andriani, Anisa (2025) LKPD Berbasis Modifikasi Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Topik A Bagian Tubuh Tumbuhan di Sekolah Dasar. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
1. FULL TESIS_ANISA ANDRIANI_P2A623005_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1. FULL TESIS_ANISA ANDRIANI_P2A623005_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
3.HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Andriani Anisa. (2025). Lkpd Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Topik A Bagian Tubuh Tumbuhan Dan Fungsinya Di Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing (I) Drs. Syahrial, M.Ed, Ph.d. (II) Bunga Ayu Wulandari, S.Pd., M.EIL., Ph.D. Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning, Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya Pada saat ini penerapan kurikulum merdeka menekankan pada peserta didik untuk dapat aktif dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menggunakan model Problem based learning yang di bantu dengan LKPD dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning pada pembelajaran IPAS materi Tubuh tumbuhan. Subjek validasi penelitian yaitu ahli bahasa, ahli materi dan ahli media. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model R&D dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Selanjutnya Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara berstruktur, pencatatan dokumen, dan kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitan lembar kerja peserta didik (LKPD) topik A Bagian Tubuh tumbuhan meggunakan model problem based learning mendapatkan kualifikasi sangat baik sehingga dapat meningkatkan keefektifitasan proses pembelajaran peserta didik dan memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan guru sebagai bahan ajar sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem Based Learning, Bagian Tubuh Tumbuhan dan Fungsinya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Anisa Andriani
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:02
Last Modified: 12 Jun 2025 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79660

Actions (login required)

View Item View Item