Salimodo, Devi (2025) KONTRIBUSI EFIKASI DIRI TERHADAP PERILAKU INOVATIF GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BRAM ITAM MELALUI LITERASI DIGITAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN .pdf Download (913kB) |
Abstract
Dalam era perkembangan teknologi digital yang pesat, kemampuan individu dalam mengelola informasi dan memanfaatkan teknologi menjadi sangat penting, termasuk di lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh efikasi diri guru terhadap perilaku inovatif guru sekolah dasar di kecamatan Bram itam melalui literasi digital sebagaii variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Analisis data dilakukan dengan model pengukuran (outer model) dan model struktural (inner model) menggunakan aplikasi SmartPLS. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar pada jenjang sekolah dasar di kecamatan Bram Itam. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Inovatif dengan nilai p-value sebesar 0,039 < 0,05 dan nilai T-statistics 2,061 > 1,98. Literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku inovatif dengan nilai p-value 0,000 < 0,05 dan nilai T-statistics 3,768 > 1,98. Efikasi Diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap literasi digital dengan nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai T-statistics 7,239 > 1,98, dan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan dari variabel efikasi diri terhadap perilaku inovatif melalui literasi digital, dengan nilai p-value 0,002 < 0,05 dan nilai T-statistics 3,133 > 1,98. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa peningkatan dalam Efikasi Diri dapat mendorong Literasi Digital, yang pada akhirnya memberikan kontribusi positif terhadap Perilaku Inovatif guru. In the era of rapid development of digital technology, individual ability to manage information and utilize technology becomes very important, including in the educational environment. This study aims to examine the effect of teacher self-efficacy on the innovative behavior of elementary school teachers in Bram Itam sub-district through digital literacy as an intervening variable. This study uses a quantitative method with a survey approach. Data analysis was carried out with a measurement model (outer model) and a structural model (inner model) using the SmartPLS application. The population in this study were teachers who teach at the elementary school level in Bram Itam sub-district. The results of the study showed that self-efficacy has a positive and significant effect on Innovative Behavior with a p-value of 0.039 <0.05 and a T-statistics value of 2.061> 1.98. Digital literacy has a positive and significant effect on innovative behavior with a p-value of 0.000 <0.05 and a T-statistics value of 3.768> 1.98. Self-Efficacy has a positive and significant influence on digital literacy with a p-value of 0.000 <0.05 and a T-statistics value of 7.239> 1.98, and there is a significant indirect influence of the self-efficacy variable on innovative behavior through digital literacy, with a p-value of 0.002 <0.05 and a T-statistics value of 3.133> 1.98. The results of the study indicate that an increase in Self-Efficacy can encourage Digital Literacy, which ultimately makes a positive contribution to teacher Innovative Behavior.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Devi Salimodo |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 04:43 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 04:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |