Pengembangan Media Pop Up Book Berbantu QR Code pada Materi Keragaman Budaya Kelas V SDN 160/IV Kota Jambi

-, TRISNA (2025) Pengembangan Media Pop Up Book Berbantu QR Code pada Materi Keragaman Budaya Kelas V SDN 160/IV Kota Jambi. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (163kB)
[img] Text
cover .pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (164kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam suatu kegiatan belajar mengajar. Hal itu dikarenakan media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat menjadi sarana dalam menyampaikan suatu materi pelajaran agar peserta didik lebih mudah dalam memahami apa yang sedang mereka pelajari. Kurangnya Penggunaan dan pengembangan media pembelajaran belum berjalan secara optimal dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dapat menjadi suatu masalah dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 160/IV Kota Jambi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Tahap-tahap penelitian dan pengembangan media pembelajaran Pop Up Book berbantu QR Code menggunakan model ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku Pop Up berbantuan QR Code materi keragaman budaya di kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Siswa kelas V SDN 160/IV Kota Jambi menjadi subjek penelitian ini. Uji Validitas media dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan persentase skor 90%, hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan persentase skor 91%, dan hasil penilaian ahli bahasa mendapatkan skor 87%. Berdasarkan kriteria penilaian ketiga hasil validasi tersebut berada pada kategori sangat valid. Sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh pengguna memperoleh nilai praktikalitas yang sangat tinggi dan mencapai kategori sangat praktis dengan persentase skor sebesar 100% dari peserta didik dan 92% berdasarkan respon guru. Hasil pengembangan produk memperoleh respon dan antusiasme yang baik dari siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dibuktikan dengan hasil angket respon yang menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan menarik untuk kegiatan pembelajaran. Implikasi dalam penelitian pengembangan ini yaitu adanya media Pop-Up Book berbantuan QR Code pada materi keragaman budaya sekitar dengan kualifikasi sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book yang dikembangkan dinyatakan valid, digunakan dalam pembelajaran di kelas 5 sekolah dasar.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pop Up Book, QR Code, Keragaman Budaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: TRISNA
Date Deposited: 25 Jun 2025 02:50
Last Modified: 25 Jun 2025 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80285

Actions (login required)

View Item View Item