Pengembangan E-LKPD Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Bioteknologi

Wulandari, Diah Asti (2025) Pengembangan E-LKPD Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Bioteknologi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (848kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (121kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (270kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pembelajaran biologi di SMA dengan materi yang cukup menantang adalah materi bioteknologi ditandai dengan hasil belajar yang belum maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan media pembelajaran interaktif yang mampu mendorong partisipasi aktif siswa dan meningkatkan hasil belajar dengan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran biologi adalah model Project Based Learning (PjBL). Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan E-LKPD berbasis PjBL untuk materi bioteknologi dikelas XII SMA, Untuk mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis PjBL yang dikembangkan dan Unruk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap E-LKPD berbasis PjBL dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa SMA pada materi bioteknologi. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ASSURE. Subjek uji coba meliputi 8 siswa dalam uji coba kelompok kecil dan 28 siswa dalam kelompok besar kelas XII Fase F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan diproleh 97,64% dan 98,33% memiliki kelayakan sangat baik berdasarkan penilaian ahli materi dan media. Respon guru sebesar 97,3% sedangkan respon siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh 93,28% dan kelompok besar diperoleh 92,99% dengan kategori “Sangat Layak”. Dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Project Based Learning layak digunakan dalam pembelajaran biologi materi bioteknologi karena dapat meningkatkan pemahaman siswa dan memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih mandiri. Biologiese onderrig in hoërskole met 'n uitdagende onderwerp is die onderwerp biotegnologie, wat gekenmerk word deur leerresultate wat nog nie optimaal is nie. Daarom is die ontwikkeling van interaktiewe leermedia nodig wat aktiewe deelname van leerders kan aanmoedig en leerresultate kan verbeter met 'n leer model wat samewerkingsvaardighede en leerresultate van leerders in biologie kan verbeter, is die Projekgebaseerde Leer (PjBL) model.The purpose of this development is to understand the process of developing a Project-Based Learning (PjBL) E-LKPD for biotechnology materials in class XII of senior high school, to assess the feasibility of the developed PjBL-based E-LKPD, and to evaluate the responses of teachers and students towards the PjBL-based E-LKPD in enhancing collaboration skills and learning outcomes of senior high school students in biotechnology materials. This research was conducted at SMA Negeri 11 Kota Jambi. This type of research is developmental research using the ASSURE model. The test subjects include 8 students in a small group trial and 28 students in a large group of class XII Phase F. The results show that the developed E-LKPD was rated at 97.64% and 98.33%, indicating very good feasibility based on assessments from material and media experts. The teacher response was 97.3%, while the student response in the small group trial was 93.28%, and in the large group, it was 92.99%, both falling into the 'Very Feasible' category. It can be concluded that the Project Based Learning-based E-LKPD is suitable for use in biology learning on biotechnology material because it can improve students' understanding and facilitate a more independent learning process.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, PjBL, samewerkingsvaardighede, leerresultate, biotegnologie.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: WULANDARI
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:50
Last Modified: 03 Jul 2025 03:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80311

Actions (login required)

View Item View Item