analisis efisiensi pemasaran kelapa dalam di kecamatan kuala jambi kabupaten tanjung jabung timur

marsangap manurung, aryanto (2025) analisis efisiensi pemasaran kelapa dalam di kecamatan kuala jambi kabupaten tanjung jabung timur. S1 thesis, agribisnis.

[img] Text
SKRIPSI ARYANTO and (2).docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
ABSTRAK ARYANTO.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I ARYANTO.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (957kB)
[img] Text
V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ARYANTO.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK ARYANTO MARSANGAP MANURUNG, Analisis Efisiensi Pemasaran Kelapa Dalam Di Kecamatan Kuala Jambi Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Di bimbing oleh Prof. Dr. Ir. Saidin Nainggolan, M.Si. dan Dr. Ir. Endy Effran, S.P, M.Si. Penelitian ini dilakukan di dua Desa yaitu Teluk Majelis dan Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tau pola pemasaran kelapa dalam serta efisiensi pada setiap pola saluran yang ada, dengan pertimbangan bahwa tempat penelitian ini memiliki persebaran kelapa dalam terbesar di Provinsi Jambi. Metode penelitian yang digunakan mencakup analisis deskriptif dan kuantitatif, dengan indikator utama seperti margin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya. Penelitian ini mengidentifikasi pola saluran pemasaran, fungsi lembaga pemasaran, dan biaya yang terlibat dalam proses distribusi kelapa. Penelitian ini melibatkan 42 petani 5 pedagang pengumpul 1 pedagang besar dan 1 pedagang desa. Hasil penelitian ini menunjukkan bawa di daerah penelitian memiliki tiga jenis pola saluran pemasaran kelapa dalam yaitu saluran satu Petani → Pedagang Besar → Konsumen saluran dua. Petani → Pedagang Pengumpul → Pedagang Besar → Konsumen saluran tiga. Petani → Pedagang Desa → Konsumen. Setelah dilakukan perhitungan menunjukan bahwa saluran yang paling efisien ada pada saluran pertama. Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin pendek saluran pemasaran, semakin tinggi efisiensi pemasaran, yang berdampak pada peningkatan pendapatan petani. Studi ini juga memberikan rekomendasi bagi petani untuk memilih saluran pemasaran yang optimal guna memaksimalkan hasil produksi dan pendapatan. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pengambilan keputusan di sektor agribisnis, khususnya pemasaran kelapa dalam di wilayah penelitian. Kata kunci: Pemasaran, Saluran, Farmer’s Share, Margin Pemasaran Efisiensi Pemasaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: manurung
Date Deposited: 24 Jun 2025 08:52
Last Modified: 24 Jun 2025 08:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80357

Actions (login required)

View Item View Item