Putrika, Mahaya (2025) Analisis kesesuaian modul ajar dengan buku teks guru bahasa indonesia pada fase D. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (91kB) |
Abstract
Aya, Mahaya Putrika. 2025. Analisis Kesesuaian Modul Ajar dengan Buku Teks guru Bahasa Indonesia Pada Fase D. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum., (2) Arum Gati Ningsih, M.Pd. Kata kunci : modul ajar, buku teks guru, kesesuaian, Bahasa Indonesia, fase D Modul ajar yang dirancang oleh guru merupakan panduan pembelajaran di kelas. Namun penyusunan modul ajar harus di sesuaikan dengan buku teks guru Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat kesesuaian antara metode pengajaran yang digunakan guru dengan Buku Teks Guru Bahasa Indonesia pada Tahap D. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa penerapan kurikulum sesuai dengan tingkat kompetensi dan kurikulum yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metodologi deskriptif. Data diperoleh dari analisis dokumen modul ajar dan buku teks guru Bahasa Indonesia. Uji keabsahan data menggunakan Teknik Review Exper, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek dalam modul ajar yang sesuai dengan buku teks guru, seperti pada setiap subbab nya memiliki 12 aspek dan terdapat 2 aspek yang tidak terdapat pada modul ajar, yaitu pada bagian kesalahan umum yang terjadi dan Panduan penanganan pembelajaran peserta didik. Hal ini guru tidak mengembangkan kembali aspek-aspek tersebut ke modul ajar. Namun, ditemukan pula ketidaksesuaian pada beberapa komponen, seperti kegiatan pembelajaran, penilaian, kesalaham umum yang terjadi dan penggunaan sumber belajar tambahan. Temuan ini mengindikasikan perlunya sinkronisasi dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap struktur dan isi Buku Teks Guru sebagai acuan utama dalam penyusunan modul ajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teaching modules, textbooks, scientific articles, Indonesian language, phase D Teaching modules, textbooks, scientific articles, Indonesian language, phase D |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | PUTRIKA |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 06:58 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 06:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |