Hastuti, Sri (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELAYU JAMBI UNTUK MAHASISWA INTERNASIONAL DI UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
HALAMAN ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
HALAMAN BAB I.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
HALAMAN BAB V.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
HALAMAN COVER.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
HALAMAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (949kB) |
Abstract
Hastuti, Sri. 2025. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Melayu Jambi untuk Mahasiswa Internasional di Universitas Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Hary Soedarto Harjono, M. Pd., (II) Dr. Priyanto, S. Pd., M. Pd. Kata kunci: bahan ajar, kearifan lokal, BIPA Meningkatnya jumlah mahasiswa internasional di Universitas Jambi tidak diimbangi oleh ketersediaan bahan ajar BIPA yang berbasis budaya Jambi. Kondisi ini menimbulkan permasalahan dalam pembelajaran BIPA, khususnya dalam upaya memperkenalkan kearifan lokal kepada pembelajar asing. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan un-tuk mendeskripsikan proses pengembangan e-book sebagai bahan ajar BIPA berbasis budaya Jambi serta menguji kelayakan dan keberterimaannya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan bahan ajar ini adalah model ADDIE yang dimodifikasi oleh Branch (2009) yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), imple-mentation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Namun, penelitian ini hanya men-erapkan tiga tahap awal, yaitu analisis, desain, dan pengembangan, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan ruang lingkup penelitian. Subjek penelitian meliputi dosen Pen-didikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berperan sebagai validator materi dan valida-tor media, serta enam mahasiswa internasional di Universitas Jambi dengan kemampuan Bahasa Indonesia level 3. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan masuk dalam kate-gori sangat valid, dengan persentase kelayakan 91,43% dari validasi media dan 92,2% dari validasi materi. Setelah perbaikan minor, bahan ajar diuji cobakan kepada enam ma-hasiswa internasional dan memperoleh tingkat keefektifan sebesar 94,1% dan termasuk kategori sangat efektif. Hasil uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar ini dapat men-dukung pembelajaran BIPA dengan pendekatan budaya lokal yang efektif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa internasional.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, kearifan lokal, BIPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Sri Hastuti |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 08:51 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 08:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80441 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |