Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Pengetahuan Edukasi Seks Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri 7 Mingkung Jaya Kec.Sungai Gelam Kab.Muaro Jambi

Kurniawati, Riski (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Pengetahuan Edukasi Seks Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri 7 Mingkung Jaya Kec.Sungai Gelam Kab.Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
SKRIPSI RISKI KURNIAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (50kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Pengetahuan Edukasi Seks Anak Usia 5-6 di TK Negeri 7 Mingkung Jaya Kec. Sungai Gelam Kab. Muaro Jambi dilatarbelakangi dengan permasalahan pengetahuan edukasi seks anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 7 Mingkung Jaya Kec. Sungai Gelam Kab. Muaro Jambi yang belum terstimulasi dengan baik. Anak-anak mengalami kesulitan dalam memahami tentang batasan pribadi, mengenal toilet training, menyebutkan dan membedakan jenis alat kelamin laki-laki dan perempuan, serta cara melindungi diri dari kekerasan seksual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Pengetahuan Edukasi Seks Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 7 Mingkung Jaya Kec. Sungai Gelam Kab. Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen pre-eksperimental one-group pre-test-post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 7 Mingkung Jaya, dengan sampel sebanyak 18 anak dari kelompok B2 yang dipilih berdasarkan pertimbangan pengetahuan edukasi seks yang lebih rendah dibandingkan kelompok lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan menggunakan instrumen penelitian yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai t hitung sebesar 27,689 yang lebih besar dari t tabel 1,7396 pada taraf signifikan α: 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan post-test. Selain itu, rata-rata hasil pre-test yang sebesar 16,00 meningkat menjadi 27,94 pada post-test, dengan selisih rata-rata sebesar 11,94. Hasil uji effect size menggunakan rumus Cohen’s menghasilkan nilai 7,2259, yang termasuk dalam kategori strong effect, menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap pengetahuan edukasi seks anak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop-up book secara signifikan meningkatkan pengetahuan edukasi seks anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 7 Mingkung Jaya Kec. Sungai Gelam Kab. Muaro Jambi. The study of the Effect of Using Pop-Up Book Media on the Sex Education Knowledge of Children Aged 5-6 at State Kindergarten 7 Mingkung Jaya, Sungai Gelam District, Muaro Jambi Regency was motivated by the problem of sex education knowledge of children aged 5-6 years at State Kindergarten 7 Mingkung Jaya, Sungai Gelam District, Muaro Jambi Regency which has not been stimulated properly. Children have difficulty in understanding personal boundaries, recognizing toilet training, mentioning and distinguishing between male and female genitalia, and how to protect themselves from sexual violence. The purpose of this study was to determine the Effect of Using Pop-Up Book Media on the Sex Education Knowledge of Children Aged 5-6 Years at State Kindergarten 7 Mingkung Jaya, Sungai Gelam District, Muaro Jambi Regency. This study used a quantitative method with a pre-experimental one-group pre-test-post-test experimental design. The population in this study were all children aged 5-6 years in TK Negeri 7 Mingkung Jaya, with a sample of 18 children from group B2 selected based on considerations of lower sex education knowledge compared to other groups. Data collection techniques were carried out through observation, and using validated research instruments. Data analysis used normality tests, homogeneity tests, and hypothesis tests. Based on the results of the study, the t-value was obtained as much as 27.689 which was greater than the t-table of 1.7396 at the significance level of α: 0.05, indicating a significant difference between the pre-test and post-test. In addition, the average pre-test result of 16.00 increased to 27.94 in the post-test, with an average difference of 11.94. The results of the effect size test using the Cohen's formula produced a value of 7.2259, which is included in the strong effect category, indicating that the use of pop-up book media has a very strong influence on children's sex education knowledge. It can be concluded that the use of pop-up book media significantly increases the sex education knowledge of children aged 5-6 years at TK Negeri 7 Mingkung Jaya, Sungai Gelam District, Muaro Jambi Regency.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Edukasi Seks Anak, Media Pop-Up Book Children's Sex Education Knowledge, Pop-Up Book Media
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: KURNIAWATI
Date Deposited: 26 Jun 2025 01:43
Last Modified: 26 Jun 2025 01:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80467

Actions (login required)

View Item View Item