IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY ) PADA SISWA DI MA AL-IKHLAS KOTA JAMBI

Pitria, Pitria (2025) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY ) PADA SISWA DI MA AL-IKHLAS KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
COVER .pdf

Download (201kB)
[img] Text
COVER .pdf

Download (201kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[img] Text
PITRIA _ A1E121075_FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kegiatan akademik yang dilakukan siswa di sekolah merupakan kewajiban dan tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh setiap siswa, seperti mengerjakan tugas, mengikuti praktikum, memahami materi pelajaran, presentasi, dan proyek. Namun, tuntutan akademik ini seringkali mempengaruhi persepsi siswa terhadap kemampuan mereka sendiri, yang berdampak pada tingkat efikasi diri. Efikasi diri adalah keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Rendahnya efikasi diri dapat menyebabkan berkurangnya motivasi dan meningkatnya tekanan emosional, yang pada akhirnya mempengaruhi pencapaian akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan efikasi diri siswa di MA Al-Ikhlas Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah 80 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket berbasis skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah formula persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri siswa secara keseluruhan berada pada kategori "Tinggi" dengan persentase sebesar 74%. Berdasarkan indikator: (1) Pengalaman Keberhasilan dalam Proses Belajar memperoleh persentase 73%, yang berarti berada pada tingkat "Tinggi"; (2) Dorongan Belajar melalui Perbandingan Prestasi Akademik mencapai persentase 76%, berada pada tingkat "Tinggi"; (3) Dukungan Verbal dalam Proses Belajar memiliki persentase rata-rata 76%, berada pada tingkat "Tinggi"; dan (4) Kondisi Emosional dalam Menghadapi Stres Belajar mencapai persentase rata-rata 68,79%, berada pada tingkat "Tinggi". Temuan ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki keyakinan diri yang memadai untuk mengelola tantangan akademik, meskipun masih terdapat ruang untuk pengembangan lebih lanjut. Academic activities carried out by students at school are obligations and responsibilities that must be fulfilled by each student, such as doing assignments, participating in practicals, understanding lesson materials, presentations, and projects. However, these academic demands often affect students' perceptions of their own abilities, which has an impact on the level of self-efficacy. Self-efficacy is an individual's belief in their ability to complete certain tasks. Low self-efficacy can lead to decreased motivation and increased emotional stress, which ultimately affects students' academic achievement. This study aims to identify factors that influence the increase in students' self-efficacy at MA Al-Ikhlas, Jambi City. This study uses a quantitative approach with a descriptive method. The respondents in this study were 80 students, with a sampling technique using total sampling. Data collection was carried out through a Likert scale-based questionnaire. The data analysis technique used is the percentage formula. The results of the study showed that the overall level of students' self-efficacy was in the "High" category with a percentage of 74%. Based on the indicators: (1) Experience of Success in the Learning Process obtained a percentage of 73%, which means it is at the "High" level; (2) Learning Motivation through Comparison of Academic Achievement reached a percentage of 76%, at the "High" level; (3) Verbal Support in the Learning Process had an average percentage of 76%, at the "High" level; and (4) Emotional Condition in Facing Learning Stress reached an average percentage of 68.79%, at the "High" level. These findings indicate that most students have sufficient self-confidence to manage academic challenges, although there is still room for further development.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri siswa, Faktor-faktor perkembangan efikasi diri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: PITRIA
Date Deposited: 01 Jul 2025 04:29
Last Modified: 01 Jul 2025 04:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80758

Actions (login required)

View Item View Item