Evaluasi Kinerja Dalam Pelayanan Informasi Publik Pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Yulianti Putri, Nafa (2025) Evaluasi Kinerja Dalam Pelayanan Informasi Publik Pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Lembar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Nafa Yulianti Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja organisasi dalam memberikan pelayanan informasi publik pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Pelayanan informasi publik merupakan bagian penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, terutama di lembaga penyelenggara pemilu yang berfungsi memberikan akses informasi yang jelas, cepat, dan tepat kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, yang melibatkan wawancara dengan pejabat KPU Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan staf operasional. Selain itu, pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap proses pelayanan informasi yang berlangsung di KPU Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pelayanan informasi publik KPU Kabupaten Tanjung Jabung Timur dapat dinilai baik dan efektif dalam mendukung terselenggaranya pemilu yang demokratis dan informatif, meskipun masih diperlukan peningkatan pada aspek empati serta pemerataan akses di daerah dengan keterbatasan infrastruktur. Disarankan agar KPU melakukan evaluasi dan restrukturisasi internal untuk pemerataan tugas pengelolaan informasi publik, serta mengoptimalkan peran pegawai berpengalaman sebagai mentor. KPU juga perlu mengembangkan saluran distribusi informasi yang lebih inklusif, menjangkau berbagai lapisan masyarakat melalui media digital maupun pendekatan komunitas. Selain itu, KPU diharapkan memperluas jangkauan sosialisasi dengan melibatkan organisasi lokal guna meningkatkan akses dan partisipasi kelompok yang selama ini kurang terlayani.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kinerja organisasi, pelayanan publik, informasi publik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:16
Last Modified: 02 Jul 2025 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80996

Actions (login required)

View Item View Item