Saputra, M. Reza (2025) Pengembangan LKPD Berbantuan Canva Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
Skripsi A1C219098 M. Reza Saputra.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (215kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi statistika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan Canva agar lebih menarik dan terstruktur sesuai langkah pemecahan masalah, sehinggan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada materi statistika. Berdasarkan analisis awal, LKPD yang ada masih cenderung monoton dan kurang menarik serta belum memuat tahapan penyelesaian masalah secara eksplisit. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini merancang inovasi LKPD yang memanfaatkan fitur Canva (template siap pakai, elemen desain interaktif) yang terbukti memudahkan siswa menyalurkan ide-ide kreatif dan membuat materi lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Analisis menyoroti perlunya LKPD baru yang lebih kontekstual dan menantang kemampuan pemecahan masalah siswa, sehingga fokus pembuatan bahan ajar diarahkan untuk memperbaiki desain dan isi yang lemah. Pada tahap desain ini disusun kerangkan LKPD, termasuk penentuan susunan masalah, petunjuk pengerjaan, dan aktivitas berdasarkan model PBL. Tahap pengembangan fokus pada pembuatan materi konkrit. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD berada dalam kategori sangat valid dengan rata-rata validitas sebesar 88%, tingkat praktikalitas dari respon guru dan siswa masing-masing sebesar 91% dan 83% (sangat praktis), dan tingkat efektifitas berdasarkan tes hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan nilai pretest ke posttest dengan skor gain sebesar 87% (kategori efektif). Tahap evaluasi melibatkan validasi produk dan penilaian keefektifan. Dengan demikian, LKPD berbantuan canva menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Problem-solving ability is one of the important aspects in learning mathematics. This research was conducted due to the low problem-solving ability of students in statistics material. The purpose of this study is to develop a worksheet (LKPD) based on Probelm-Based Learning (PBL) with the help of Canva to make it more attractive and structured according to the steps of problem-solving, thus being able to improve the problem-solving ability of eight-grade students in statistical material. Based on preliminary analysis, existing LKPDs tend to be monotonous and less interesting as they do not explicitly guide the stages of problem-solving. To address this issue, this research designs an innovative LKPD that utilizes Canva features (ready-to-use templates, interactive design elements) which have been proven to help students express their creative ideas and make the material more engaging. This study is a research and development study using the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). The analysis highlights the need for a new LKPD that is more contextual and challenges students' problem-solving abilities, thus the development of the teaching material is directed to improve the design and content that is still weak. In the design phase, the LKPD framework was arranged, including problem formulation, instructions, and activities based on the PBL model. The development stage focused on creating concrete material. The validation results showed that the LKPD was in the very valid category with an average validity score of 88%, practicality scores from teachers and students at 91% and 83% (very practical), and the effectiveness level based on students' learning outcomes showed an increase in scores of 87% (effective category). The evaluation phase involved product validation and effectiveness assessment. Therefore, the LKPD assisted by Canva using a problem-based learning model is declared feasible and effective to be used in improving students' problem-solving ability
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Canva, Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah, statistika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Saputra |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:42 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |