Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IX Setelah Meengikuti Pembelajaran dengan Outdoor Modelling Mathematics Berdiferensiasi Berdasarkan Tingkat Kemampuan pada Materi Bangun Ruang

Rahmi, Annisa Elfi (2025) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IX Setelah Meengikuti Pembelajaran dengan Outdoor Modelling Mathematics Berdiferensiasi Berdasarkan Tingkat Kemampuan pada Materi Bangun Ruang. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (204kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (272kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi, yang mana terfokus kepada karakteristik setiap siswa. Salah satu metode yang relavan dengan menggunakan outdoor modelling mathematics, pembelajaran ini dilakukan pada luar ruangan. Kemampuan berpikir kreatif memiliki peran penting dalam matematika. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMPN 22 Kota Jambi kemampuan berpikir kreatifnya masih tergolong rendah. Dengan pembelajaran dengan outdoor modelling mathematics berdiferensiasi berdasarkan tingkat kemampuan dapat meningkatkan kemampuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IX setelah pembelajaran dengan model outdoor modelling mathematics berdiferensiasi berdasarkan tingkat kemampuan siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 22 Kota Jambi pada April 2025. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek secara purposive sampling. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 6 orang siswa yang diambil dari 31 siswa kelas IX. Tingkat kemampuan tinggi (S1TKT dan S2TKT), tingkat kemampuan sedang ( S1TKS dan S2TKS), tingkat kemampuan rendah (S1TKR dan S2TKR). Dalam penelitian ini, kemampuan berpikir kreatif subjek dilihat dari indikator kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal tes dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran dengan model outdoor modelling mathematics berdiferensiasi berdasarkan tingkat kemampuan siswa tergolong pada kategori sangat kreatif, karena memenuhi semua indikator dalam kemampuan berpikir kreatif. Dimana keenam subjek dapat memenuhi indikator kelancaran, berpikir luwes dan elaboration.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Berdiferensiasi, Outdoor Modelling Mathematics, Tingkat Kemampuan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ANNISA ELFI RAHMI
Date Deposited: 07 Jul 2025 04:08
Last Modified: 07 Jul 2025 04:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81168

Actions (login required)

View Item View Item