PENGARUH PENERAPAN BIMBINGAN SCAFFOLDING TEKNIK CUEING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MATERI LARUTAN PENYANGGA

Hafidzah, Nurul (2024) PENGARUH PENERAPAN BIMBINGAN SCAFFOLDING TEKNIK CUEING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, UNIVERSITA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
FINAL DRAFT SKRIPSI NURUL HAFIDZAH A1C121005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan bimbingan scaffolding teknik cueing terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa pada indikator mengamati dan mengelompokkan serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebab peningkatannya. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi menggunakan metode campuran (mix method) dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) tipe non-equivalent control group design. Sampel terdiri atas dua kelas XI: fase F1 sebagai kelas eksperimen dan fase F2 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data kuantitatif meliputi pretest, posttest, dan lembar observasi KPS, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi (field notes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPS siswa pada materi larutan penyangga di kelas eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan uji statistik t-test independen dan dependen, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara penggunaan scaffolding teknik cueing terhadap peningkatan KPS siswa, dan peningkatan tersebut dipengaruhi oleh penggunaan scaffolding teknik cueing yang terstruktur dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: scaffolding, teknik cueing, model pembelajaran inkuiri terbimbing, larutan penyangga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Hafidzah
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:37
Last Modified: 07 Jul 2025 02:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81513

Actions (login required)

View Item View Item