Nirwana, dwi (2025) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM TATA KELOLA DAN MINAT LIERASI SISWA DI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka...pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI DWI NIWANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (399kB) |
Abstract
ABSTRAK Nirwana Dwi 2025. Peran kepala perpustakaan dalam tata kelola dan minat literasi siswa di SMANegeri 4 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Dra.Hj. Aprillitzavivayarti, M.M., Pembimbing (II) Yudo Handoko, M.Pd.I Kata Kunci: Kepala Perpustakaan, Tata Kelola Perpustakaan, Literasi Siswa, Strategi Literasi, SMA Negeri 4 Kota Jambi Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat literasi siswa yang terlihat dari kurangnya pemanfaatan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran. Tantangan seperti minimnya kunjungan siswa, keterbatasan fasilitas, dan kurangnya dukungan terhadap kegiatan literasi menjadi hambatan dalam pendidikan. Kepala perpustakaan memiliki peran strategis dalam mengelola perpustakaan dan membangun budaya literasi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala perpustakaan dalam tata kelola perpustakaan serta peningkatan minat literasi siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi, termasuk strategi yang digunakan dalam mengatasi kendala guna menciptakan lingkungan literasi yang aktif dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi, dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta studi dokumentasi terhadap kepala perpustakaan, staf, dan siswa yang aktif dalam kegiatan literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala perpustakaan berperan penting dalam pengelolaan koleksi, pengembangan program literasi, dan pelibatan siswa dalam komunitas baca. Strategi yang digunakan meliputi pembentukan komunitas literasi, penerbitan buku antologi siswa, dan program kolaboratif. Namun, keterbatasan ruang, fasilitas, dan anggaran menjadi kendala utama. Kesimpulannya, kepala perpustakaan berperan besar dalam menciptakan budaya literasi yang aktif, namun perlu dukungan sarana, sumber daya, dan kebijakan sekolah. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas kepala perpustakaan dan kolaborasi lintas pihak untuk mendukung pengembangan literasi di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala Perpustakaan, Tata Kelola Perpustakaan, Literasi Siswa, Strategi Literasi, SMA Negeri 4 Kota Jambi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | DWI NIRWANA |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 05:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |