PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MANAJEMEN UMRAH BERBASIS MOBILE PADA PT. AJWA TOUR MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Raudati, Imelda (2025) PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MANAJEMEN UMRAH BERBASIS MOBILE PADA PT. AJWA TOUR MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (127kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong biro perjalanan umrah seperti PT. Ajwa Tour untuk meningkatkan kualitas layanan melalui sistem digital. Saat ini, proses komunikasi dan manajemen informasi jamaah masih dilakukan secara manual, yang berdampak pada kurangnya efisiensi dan keterlambatan penyampaian informasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) aplikasi manajemen umrah berbasis mobile menggunakan pendekatan Design Thinking, yang berfokus pada kebutuhan dan masalah nyata dari pengguna. Metode Design Thinking terdiri dari lima tahapan, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Pengumpulan kebutuhan dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil desain prototipe dikembangkan menggunakan aplikasi Figma, kemudian diuji melalui dua metode evaluasi, yaitu pengujian usability menggunakan Maze dan pengukuran UX menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil pengujian menunjukkan bahwa rancangan UI/UX Aplikasi Manajemen Umrah ini berhasil memberikan hasil yang positif dengan nilai Maze Usability Score (MAUS) yang tinggi yaitu 97. Hasil tersebut diperoleh dari rata rata hasil nilai indikator performa yaitu user sukses menyelesaikan misi, bounce user, durasi user menyelesaikan misi, dan kesalahan user dalam mengklik halaman. Berdasarkan nilai tersebut, dapat disimpulkan bahwa desain antarmuka sistem ini intuitif, mudah digunakan, dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, antarmuka yang dirancang juga efektif dalam membantu pengguna menyelesaikan tugas-tugas mereka dengan tingkat efisiensi yang cukup baik. Untuk pengujian menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan bahwa desain aplikasi dapat digunakan dengan baik oleh pengguna dan memberikan pengalaman positif. Nilai tertinggi diperoleh pada skala Ketepatan (2,475), diikuti oleh Efisiensi (2,425) dan Kejelasan (2,375). Seluruh skala UEQ menunjukkan hasil yang positif dan memperoleh nilai excellent dengan keterangan interpretasi ‘In the range of the 10% best results’. Dengan demikian, evaluasi ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan Aplikasi Manajemen Umrah memiliki kinerja yang sangat baik dan memberikan manfaat yang positif kepada pengguna. The development of information technology encourages Umrah travel agencies such as PT Ajwa Tour to improve service quality through digital systems. Currently, the process of communication and information management of pilgrims is still done manually, which has an impact on the lack of efficiency and delay in information delivery. This research aims to design the user interface (UI) and user experience (UX) of mobile-based umrah management applications using the Design Thinking approach, which focuses on the real needs and problems of users. The Design Thinking method consists of five stages, namely Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Test. The collection of needs is done through interviews, observations, and literature studies. The prototype design results were developed using the Figma application, then tested through two evaluation methods, namely usability testing using Maze and UX measurement using the User Experience Questionnaire (UEQ). The test results show that the UI/UX design of this Umrah Management Application has succeeded in providing positive results with a high Maze Usability Score (MAUS) value of 97. These results are obtained from the average value of performance indicators, namely user success in completing the mission, user bounce, user duration in completing the mission, and user error in clicking on the page. Based on these values, it can be concluded that the interface design of this system is intuitive, easy to use, and in accordance with user needs. In addition, the designed interface is also effective in helping users complete their tasks with a fairly good level of efficiency. For testing using the User Experience Questionnaire (UEQ) method, it shows that the application design can be used well by users and provides a positive experience. The highest score was obtained on the Accuracy scale (2.475), followed by Efficiency (2.425) and Clarity (2.375). All UEQ scales showed positive results and obtained excellent scores with the interpretation statement ‘In the range of the 10% best results’. Thus, this evaluation shows that overall the Umrah Management Application has excellent performance and provides positive benefits to users.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: UI/UX, Aplikasi Mobile, Manajemen Umrah, Design Thinking, Prototipe, Usability Testing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: RAUDATI
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:00
Last Modified: 08 Jul 2025 08:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81838

Actions (login required)

View Item View Item