STRATEGI PENDIDIK DALAM ASESMEN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI FASE-D DI SMP N KOTA JAMBI

Ridhiyalira, Farah and Hadiyanto, Hadiyanto and Hary, Soedarto Harjono (2025) STRATEGI PENDIDIK DALAM ASESMEN SUMATIF PADA PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI FASE-D DI SMP N KOTA JAMBI. S2 thesis, FKIP Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
Tesis Farah Ridhiyalira Fixx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER TESIS.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (408kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)

Abstract

Ridhiyalira, Farah. 2025. Strategi Pendidik dalam Asesmen Sumatif pada Pembelajaran Teks Deskripsi Fase-D Di Smp N Kota Jambi. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Hadiyanto, S.Pd. M.Ed., Ph.D., (II) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pendidik, Asesmen Sumatif, Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang diterapkan oleh pendidik dalam merancang dan melaksanakan asesmen sumatif pada pembelajaran teks deskripsi untuk peserta didik fase-D di SMP Negeri Kota Jambi. Fokus penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana pendidik menyusun instrumen asesmen yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka, tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen asesmen. Subjek penelitian ini melibatkan pendidik Bahasa Indonesia yang mengajar di fase-D serta peserta didik yang mengikuti pembelajaran teks deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antar pendidik sangat penting dalam merancang asesmen yang sesuai dengan kurikulum Merdeka. Pendidik melakukan komunikasi intensif dalam tim untuk memastikan keselarasan antara materi, indikator, dan tujuan pembelajaran. Selain itu, asesmen dirancang berdasarkan panduan kurikulum yang menekankan pengembangan kompetensi dan profil pelajar Pancasila. Pendidik juga menetapkan indikator penilaian yang jelas dan relevan dengan capaian pembelajaran, serta memastikan keterpaduan antara asesmen dan tujuan pembelajaran. Namun, tantangan yang dihadapi termasuk variasi kemampuan peserta didik, keterbatasan waktu, dan kesulitan dalam menyusun soal yang kontekstual dan inklusif. Pendidik mengharapkan dukungan sistematik dari sekolah dan pemerintah, seperti pelatihan rutin dan akses terhadap sumber belajar yang memadai, untuk meningkatkan kualitas asesmen sumatif. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai praktik baik dalam penyusunan asesmen sumatif yang dapat diadopsi oleh pendidik lain untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Hasil wawancara dengan pendidik menunjukkan bahwa meskipun asesmen sumatif berfokus pada penilaian akhir, sebagian besar pendidik lebih mengutamakan tujuan pembelajaran (TP) dan kompetensi dasar (CP) daripada hasil asesmen sebelumnya. Pendidik mengintegrasikan prinsip Kurikulum Merdeka dengan merancang asesmen yang sesuai dengan indikator pembelajaran dan menggunakan sumber resmi sebagai rujukan. Strategi kolaboratif dalam penyusunan asesmen juga menjadi pendekatan dominan, di mana pendidik terlibat dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk menyelaraskan instrumen asesmen. Meskipun demikian, tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan waktu, kesulitan dalam menyusun soal yang relevan, dan keragaman kemampuan peserta didik. Pendidik menerapkan strategi diferensiasi untuk mengakomodasi perbedaan kemampuan, serta berharap adanya dukungan sistemik dari sekolah dan pemerintah dalam bentuk pelatihan dan akses terhadap sumber belajar yang memadai. Temuan ini menunjukkan bahwa asesmen sumatif yang efektif harus berbasis pada capaian pembelajaran, mempertimbangkan konteks peserta didik, dan mengedepankan pemahaman serta pengalaman kontekstual.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Farah Ridhiyalira
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:27
Last Modified: 08 Jul 2025 03:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81860

Actions (login required)

View Item View Item