Kamandana Robbi, Muhammad Ij'alni (2025) Pengaruh Kepemimpinan Islam dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru di Al Azhar Dinniyah Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL MUHAMMAD IJ'ALNI K.R A1D521020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
kata pengantar.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
daftar rujukan.pdf Download (167kB) |
Abstract
ABSTRAK Robbi, Muhammad Ij’alni Kamandana. (2025) Pengaruh Kepemimpinan Islam dan Kepusan Kerja terhadap Kinerja Guru di Al Azhar Dinniyah Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi: (1) Dr. Robi Hendra, S.Pd., M.Pd (2) Musyaiyadah, M.Pd.I Kata Kunci: Kepemimpinan Islam, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru Pendidikan memiliki peran strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk generasi yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 3 Undang-Undang tersebut menyatakan bahwa Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam mencapai tujuan ini, dibutuhkan guru yang memiliki kinerja optimal sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan islam dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di Al Azhar Dinniyah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS versi 27 dengan uji regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 105 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang terdiri dari tiga variabel: Kepemimpinan Islam (X1), Kepuasan Kerja (X2), dan Kinerja Guru (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepemimpinan Islam terhadap Kinerja Guru dengan nilai thitung sebesar -0,027 dan tingkat signifikansi 0.828, maka dapat dijelaskan jika tingkat Kepemimpinan Islam tinggi maka Kinerja Guru akan menurun. 2. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru dengan nilai thitung sebesar 2,088 dan tingkat signifikansi 0.042, maka dapat dijelaskan jika tingkat Kepuasan Kerja maka Kinerja Guru akan meningkat dan begitu pula sebaliknya jika tingkat Kepuasan Kerja rendah maka Kinerja Guru juga akan rendah.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kepemimpin Islam dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru secara bersamaan dengan nilai Fhitung sebesar 3,375 dan tingkat signifikansi 0,042, maka dapat dijelaskan jika tingkat Kepemimpin Islam dan Kepuasan Kerja tinggi maka Kinerja Guru akan meningkat dan begitu pula sebaliknya jika tingkat Kepemimpin Islam dan Kepuasan Kerja rendah maka Kinerja Guru juga akan rendah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Islam, Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | ROBBI |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:41 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82134 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |